Wingko babat


Pas lihat wingko babat nya mba renny langsung jadi inget ibu aku kalo pas kita pulang pasti bikin wingko babat
semua bahannya di buat sendiri dari kelapa yang di parut sendiri sampai dengan tepung ketannya juga 
direndam ditiriskan dan di gilingin ke tukang pengilingan tepung
prosesnya panjang sih karena semua dibikin sendiri tapi rasanya ehmmm enak banget jadi terbayar semua capeknya...

Karena disini aku sendiri ndak mau ribet jadi pake semua yg seba instant dari kelapa parutnya sampai tepung ketannya juga pake yang sudah jadi. resepnya pun ndak pake resep ibu aku karena aku ndak punya air kelapa jadi aku pake resepnya mba renny aja.




Wingko babat
source: mba renny asti
sedikit aku modifikasi....


Bahan:

450 ml santan

250 gr gula pasir ( aku ganti brown sugar kehabisan gula pasir hihihi... )
250 gr tepung ketan
250 gr kelapa agak muda, kupas kulit, parut
1/2 sdt garam
3 lbr daun pandan
5 lbr daun jeruk
1 butir telur ukuran besar kocok



Cara Membuat:
Campur santan + gula, daun jeruk & daun pandan masak hingga mendidih dan gula larut, angkat, dinginkan.

Campur kelapa parut + tepung ketan dan telur kocok.

Beri garam pada larutan santan, aduk rata.

Tuang santan ke campuran kelapa tepung. Aduk rata. 

Tuang di loyang yg sdh dialasi daun pisang dan dioles minyak. 

Panggang di oven 160 derajat celcius kurleb 45 menit atau smp matang. Jika bagian atas blm coklat, bs dipanggang dgn api atas kurleb 10 menit ato smp kecoklatan.

Angkat, tunggu hingga dingin. 

Potong potong dengan mengunakan cookies cutter lalu panggang di wajan teflon sampai kering.

sajikan hangat bersama secangkir teh .....



Pas semua bahan udah masuk semua cari gula putih kok kosong ya tepuk jidat deh gimana nich mau cari dulu ndak mungkin udah malem.
Buka laci masih ada brown sugar terpaksa diganti ama brown sugar deh gula putihnya. ndak papa sih hasil akhirnya juga lembut .


Happy cooking


Comments

Popular Posts