Saturday, January 23, 2016

Ayam bakar taliwang (NTB)

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu..
yeeeaahhh weekend .. sebenernyya pingin libur tugas didapur tapi apa daya ... anak anak pada minta cemilan ya harus dapur harus tetp buka ya qiqiqiqi
Semalem kita makan malem di afgan resto menu paporite masih ama mandi rice dengan lauk  chicken bbq. walau hanya beli dua porsi buat serumah tetep aja nasinya gak habis. Nasi yang masih 1 porsi akhirnya kita simpen biar besoknya bisa dipanasin lagi.
DAn akhirnya bisa juga buat makan siang end chicken nya aku bikin ayam bakar taliwang dan masuk juga dan lumayan enak.




Ayam bakar taliwang
source: sajian sedap

Bahan:
1 ekor ayam kampung, belah dua tidak putus
1 sendok teh air jeruk limau 
1 sendok teh garam 
550 ml santan, dari 1/2 butir kelapa
1/2 sendok makan garam 
1 sendok teh gula merah sisir 
3 sendok makan minyak, untuk menumis

Bumbu Halus:
8 butir bawang merah, bakar
6 siung bawang putih, bakar
2 buah cabai merah besar, bakar
8 buah cabai merah keriting, bakar
4 butir kemiri, sangrai
1 sendok teh terasi, sangrai

Cara membuat:
Lumuri ayam dengan air jeruk limau dan garam. Bakar sampai setengah matang. Sisihkan.
Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan santan, garam, dan gula merah. Masak sampai mendidih. Tambahkan ayam. Masak diatas api kecil sampai meresap dan matang.
Bakar ayam sambil dioles sisa bumbu sampai harum.


Happy cooking

Friday, January 22, 2016

kue lumpur pandan isi vla nangka


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
hai hai ... apa kabar temen temen semua happy friday malem saturday.......
Tadi pagi kok tiba tiba pingin makan yang gurih gurih gitu ya heehehe... Kalo lagi mudik kalo kepasar sama nyokap selalu beli nya kue ini tapi lupa ya namanya apa. pas ngegoogle nemu resep dari mb dapur nya mb hesti . Yang resep aslinya dari arbysrumahkue.
Untuk resep kue lumpurnya aku ambil dari buku salah satu produk rumah tangga yang pas mudik ikutan demo masak ama merk Sig****.
Kalo resep vla nya aku ambil dari resepnya mb hesti pas bangat gak terlalu lembek atau terlalu keras.


Lumpur pandan isi vla

Bahan mangkok:
125 gram tepung protein sedang
1 btr telor ayam
1/2 sdm gula pasir
Garam sckp 
300 ml santan
1 sdt pasta pandan 

Bahan vla : 
250 ml santan agak kental dari 1/2 butir kelapa
25 gr maizena
65 gr gula pasir 
1/8 sdt garam
1 lembar pandan 
2-3 butir nangka potong kecil kecil

Cara Membuat 
1. Mangkuk ; campur semua bahan jadi satu aduk2 hingga tercampur rata tidak ada butiran2. Kalo perlu saring
2. panaskan cetakan lumpur atau snackmaker, isi semua lubang dengan adonan kemudian sendokin ambil bagian yang masih cair atau bisa juga dengan pake spuit biar rapi hasilnya
hingga masing masing membentuk lubang seperti mangkuk. 
3. panaskan hingga kulit dadar matang. lakukan sampai semua adonan habis. sisihkan 
bahan vla
1. panaskan santan,garam,gula, hingga mendidih. masukkan maizenna yang telah dilarutkan dengan sedikit air. masak hingga meletup letup. - panas2 tuangkan dalam mangkuk dadar
2. beri potongan nangka - sajikan