Wednesday, June 20, 2012

Onde onde nougat

Selamat pagi semua ....seperti bias rutinitas dimulai anak anak udah pada berangkat sekolah si ayah masuk pagi jadi dirumah hanya ditemani ama sikecil jagoan aku akhtar. sebelum memulai didapur kantor kesayangan aku buka dulu sejenak Facebook. maklum pengemar tetap..hehehehe.......
pas buka langsung ada postingan dari mba fatmah NCC tentang onde onde yang isi sih unik yaitu berisi kacang tanah kelihatannya unik dan wajib dicoba nich dan hasilnya ternyata wenak loh bener.


bentuknya bulet banget aku sekali nyoba dan langsung berhasil.selama ini aku bikin selalu gagal setiap diangkat dari pengorengan selalu kempes ato pecah kalo ini ndak kalo mau
nyoba resep dari mba fatmah ini ya resepnya....

Onde onde nougat
resep: Fatmah NCC

bahan kulit:
500gr tepung beras ketan
75 gr tepung beras
250 gr gula pasir
1/2 sdt vanila bubuk
1 sdt garam
400 ml air
200 gr wijen putih
minyak untuk mengoreng 

Bahan isi:
175 gr kacang tanah matang haluskan
60 gr mentega
80 gr gula halus



Cara membuat:

cara membuat isi nougat: Aduk semua bahan jadi satu sampai rata dan bulatkan, masing masing bulatan kira kira 10 gr

Cara membuat kulit: Campur semua bahan tepung beras ketan, tepung beras, gula pasir, garam, dan vanila bubuk aduk sampai rata.

Panaskan air sampai panas tapi jangan sampai mendidih angkat.

Tuang air panas dalam adonan tepung sedikit demi sedikit sampai adonan tepung bisa di pulung.

bulat bulat adonan tiap bulatan 30 gr

lalu pipihkan ditangan dan bentuk cekungan beri isi nougat dan tutup rapat dan bulatkan kembali sehingga membentuk bola bola.

Celupkan dalam air dingin dan gulikan dalam wijen dan kepal kepal supaya wijen menempel dan membentuk bulat.

Panaskan minyak goreng lalu kecilkan apinya goreng onde onde hingga mengapung dan berwarna coklat kekuningan 

angkat dan  sajikan...


Happy cooking........

No comments: