Tuesday, February 28, 2012

Wedang cemoe nangka



Bulan february udah mau berakhir ......dari kemarin mau posting Indonesian Beverages (IDFB Challenge #3) di group Indonesian Foodblogger masih binggung aja mau bikin apa akihirnya pilihan padabwedang cemoe. Wedang semor hampir mirip dengan wedang angsel yang berasal dari tanah kelahiranku Jawa Timur. Kalo wedang cemoe aku tidak tau pasti asalnya dari mana aku pertama kali tau pas lagi liburan ke solo ada salah satu warung makan meyediakan minuman hangat ini. setelah browsing di mbah goggle nemu lah cara membuatnya di majalah Femina dan dicoba lah ternyata rasa kuahnya sama kayak wedang angsle....


BAHAN KUAH SANTAN
6 cm kayu manis
4 cm jahe bakar memarkan
2 lembar daun pandan
125 gr gula pasir (aku pake gula aren)
1/4 sdt garam
1.500 ml santan dari 1/2 butir kelapa

BAHAN ISI
3 lembar roti tawar potonng-potong kecil
150 gr nangka potong memanjang
50 gr kacag tanah sangrai dan cincang kasar
150 kolang kaling dipotong dua bagian direbus

CARA MEMBUAT
Rebus santan bersamaan dengan kayu manis, jahe, daun pandan, gula pasir, gula merah, dan garam sambil diaduk sampai mendidih, harum dan saring.

CARA PENYAJIAN
Taruh semua bahan isi  dan siram dengan kuah santan sajikan selagi hangat.

No comments: