Friday, November 23, 2012

roti sobek milo...


Weekend tlah tiba saatnya bikin cemilan buat anak anak dirumah pingin banget bikin bakso sih ceritanya tapi bahan tidak lengkap harus keluar dulu belanja.
Hari jum'at bakalan macet dimana mana akhirnya bikin aja yang bahan bahan ada didapur masih ada sisa ragi bikin donat kemarin ya sudah bikin roti aja deh ....

Roti sobek atau roti kasur kenapa ya namanya kok roti sobek atau roti kasur ... kalo dibilang roti sobek mungkin rotinya saling menempel jadiambilnya kayak disobek dankalo kasur mungin bentuknya yang minul minul jadi mirip kasur . hehehehe cuma perkiraan aku sih.

Aku pake resep NCC dan aku modifikasih sedikit susu bubuknya aku ganti dengan susu bubuk milo ini juga karena persediaan susu bubuk lagi kosong dan yang ada hanya susu milo
dan ternyata rasanya enak loh berasa coklat gitu.....  


Roti sobek milo

Bahan:
500 gr tepung terigu protein tinggi
3 btr kuning telur
100 gr gula pasir
50 gr susu bubuk milo ayak
11 gr ragi instant
5 gr garam
250 ml air
100gr mentega/margarin
½ sdt bread improver (aku ndak pake)

Bahan isi:
Keju cheddar parut
Coklat chip
butter beku potong kotak kotak

Bahan polesan, kocok rata dengan garpu:
1btr telur utuh, ½ sdt garam, 1 sdm air.

Cara membuat:
Dalam wadah, campur tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, ragi instant, aduk rata. Tuangi air dan kuning  Telur, uleni hingga setengah kalis, tambahkan mentega dan garam, uleni terus hingga kalis dan licin benar.

Timbang adonan masing-masing 40 gr, bulatkan. Biarkan mengembang selama lk. 15 menit. Kempiskan, lalu isi dengan 1 sdm bahan isi, bulatkan kembali dan taruh dalam loyang bulat/kotak, biarkan mengembang 30 menit atau lebih, sampai terasa ringan.

Olesi permukaannya dengan bahan polesan, oven hingga matang. Lk. 15 menit dengan suhu 180'C
Lalu keluargan dari oven selagi masih panas olesei permukaan roti dengan butter
supaya permukaan roti tampak mengkilat.



Happy cooking

7 comments:

zila norazila said...

wahhh sedapnya..:)

Hesti HH. said...

Cakeeeeeep mbak, menul menul seksi hihi. kelihatan empuk dan lembut...kayaknya dibilang roti kasur merujuk ke kasur kapuk tempo doeloe mbak yang bentuknya bergelombang gelombang *sok tau deh aku*

Tati Widarti said...

makasih mba zila norazila....thank juga udah berkunjung

Tati Widarti said...

iya mba hesti lembbut dan empuk hehehe... bener banget ya kayak kasur jaman dulu ya kalo kasur sekarang mah rata hehehe

Erikasari said...

wahh..lembut banget tuh ...menul-menul..jadi pengen coba

Tati Widarti said...

Coba yuk mba resep ncc nich ...lembut padahal banting bantingnya sebentar...

Annadina said...

anak2ku suka mba roti milo, enaaak...yg ini lebih lembuuuut nampaknya dari bikinanku dulu, jadi pengen coba lagi, siapa tau bisa secakep ini ya ^^