Wednesday, May 16, 2012

Nasi Udang bu Rudy

Kalo kesurabaya harus mampir ke rumah makan nasi udang bu rudy. makanan ini disajikan dengan nasi dan udang crispy serundeng lalapan dan yang tak kala menarik adalah sambalnya 
Sambalnya namanya sambal setan karena saking pedasnya maka dinamain sambal setan.
Sambel cabe hijau yang ditumis dan diuleg sebiji-bijinya ini emang nendang abis. Sedikit aja, udah bisa membuat 
 kuping memerah dan keringetan Soalnya, sambelnya puedes banget. Tapi rasanya asin gurih, enak banget dan cocok dimakan sama udang keringnya. dari pada ngeces bayangin pulang kampung juga masih lama akhirnya coba cari resepnya di mba goggle dan dapet juga di majala nova .dan aku modifikasi
sedikit karena ndak ada resep serundeng ama kremesannya 



nasi udang bu rudy
resep by: majalah nova

Bahan: 
500 gr udang ukuran kecil
1 sdt garam
½ sdt baking powder 
250 gr tepung terigu
½ sdt garam
4 siung bawang putih halus
minyak untuk menggoreng

Cara Membuat: 
Udang Goreng: Campur udang, garam, dan baking powder , aduk rata, diamkan selama 15 menit. Tiriskan
Campur tepung terigu dengan garam, dan bawang putih halus, hingga rata. Lumuri udang dengan campuran tepung terigu hingga rata.
Panaskan minyak, goreng udang di atas api sedang sambil sesekali di aduk hingga kering. Angkat dan tiriskan.

Sambal: 
10 bh bawang merah
4 siung bawang putih ( aku ga pake )
100 gr cabai rawit merah
1 sdt garam
¼ sdt bumbu penyedap

Cara Membuat: 
Sambal : Panaskan 2 sdm minyak, goreng bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit merah hingga layu. Angkat, haluskan, tambahkan sisa bahan. Panaskan kembali 1 sdm minyak, tumis bumbu sambal halus sampai matang kembali. Dinginkan


Pelengkap: 
nasi putih
serundeng kelapa
kremesan udang
lalapan

Sajikan nasi udang dengan sambal, serundeng kelapa, dan lalap mentimun.

Happy cooking

No comments: