Sunday, December 13, 2015

bee hives bun ( roti sarang lebah )

Assalamualaikum waramatullahi wabarakatuh..............
Udah lama banget tak bersuah di sini hiiiiii apakabar temen temen semua semoga pada sehat semua ya . Saatnya bersih bersih lap lap rumah penuh debu hahahaha.
Kali ini ingin berbagi ama si roti yang super banget empuk dan yummy bgt pas lihat di instagram mb @hestihhakim langsung jatuh cinta pingin mencobannya dan ternyata enak banget karena di siram dengan saus karamel hampir sama sih dengan cheesee bread ala qatar yang disiram dengan campuran madu ..





Bahan:
300 gram tepung tinggi
200 gram tepung sedang
2 sdm susu tepung atau skim milk 
2 sdm madu 
1 biji telur 
250 ml susu segar
6 gram ragi instan
40 gram gula
40 gram butter
1 sdt baking powder
2 sdm plain yogurt

Olesan
1 butir telur
4sdm susu evaporated

Taburan
wijen 
kuaci putih dan hijau ( aku skipp karena gak ada stock )

Cara membuat
1. masukan semua bahan dalam mixer ( aku pake BM diset di no 7 )lalu proses hingga licin dan mulus dan tidak lengket lagi di wadah. Tutup dengan kain lembab
2. Fermentasikan 40menit sampai 1 jam tergantung suhu ruangan.
3. Kempiskan adonan. lalu siapkan 2 loyang 20 cm yg telah diolesi dengan mentega. Bentuk adonan bulat bulat sebesar 40 gram. Lalufermentasi kembali selama 40-60 menit
4. Olesi permukaan dengan bahan olesan. Taburi dengan bahan taburan
5. Panaskan oven 180 derajat celcius panggang selama 20 menit atau sampai kecoklatan
6. Sajikan dengan kucuran saus karamel

Saus karamel
50 gram butter
120 gram gula pasir
200 ml krim kental

Cara membuat
lelhkan butter dan gula pasir dalam panci. Masak diatas api sedang hingga mendidih dan menjadi karamel. Memang akan terlihat tidak rata gulanya tapi tidak mengapa. Tuang sedikit demi sedikit krim kental sambil diaduk hingga kental. Kalau terlalu kental bisa ditambahin sus cair lagi.




1 comment:

dyananda said...

mbak Tatiiiiii, wih apike talah rotine, keliatan empuk banget, jadi pengen nyobain.
aku biyen sering sambang mrene mbak, tapi bbrp tahun terakhir kok kosong hihihi. ayo giatkan lagi blog iki mbaaaak, kangen poto2 cantikmuuuuu