Monday, December 28, 2015

Donat isi kacang ijo ( otok otok ) Jawa Timur

Assalamualaikum waramatullahi wabarakatuh
selamat siang waktu doha selamat sore indonesia bagian barat...... 
Masih nuansa liburan panjang akhir tahun awal januari anak anak baru masuk sekolah. Harus makin rajin bikin cemilan nich buat anak anak apalagi dingin dingin begini pingin nya ngemil aja ya hehehehe ... Gimana gak tambah ndut ya 


Kue ini di surabaya namanya otok otok tapi kalo didaerah jombang tempat aku tinggal nyebutnya donat dingin karena dibalut dengan gula yang pada saat di dalam mulut berasa maknyes ad asensasi dingin nya 
Aku bikin donat nya masih pake donat andalan donat kentangnya NCC dan isiaan kacang ijo sisa bikin onde onde.



DONAT KENTANG 
source : NCC 
Bahan : 
500 gr tepung terigu protein tinggi 
50 gr susu bubuk 
11 gr ragi instan 
200 gr kentang kukus ---> haluskan dan dinginkan 
100 gr gula kastor 
75 gr mentega 
1/4 sdt garam 
4 kuning telur 
100 ml air dingin 

Cara Membuat : 
- Campurkan tepung terigu, susu bubuk, gula halus dan ragi. Aduk hingga rata. 
Tambahkan kentang halus, masukkan kuning telur dan tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga rata dan setengah kalis. 
Tambahkan garam dan mentega, terus uleni hingga kalis dan elastis. Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit, tutupi dengan serbet lembab agar adonan tidak kering.
 Kempiskan adonan, bagi dan bentuk bulat dan pipih kan beri isian kacang ijo dan bulatkan kembali. Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit.
 Goreng donat dengan api sedang cenderung kecil hingga kecoklatan. 
Angkat dan tiriskan. Setelah dingin bisa diberi topping gula halus khusus buat donat.

Isiaan kacang ijo
Bahan:
75 gr kacang ijo kupas rendam 2-3 jam
100 ml santan dari 1/4 butir kelapa
50 gr gula pasir
1 lembar daun pandan simpulkan
1/4 sdt garam 

Cara membuat
Kukus kacang ijo selama 20 menit angkat lalu blender dengan santan sampai halus.
Tambahkan gula pasir, daun pandan, dan garam. Masak sambil diaduk sampai kalis. 
Angkat dan biarkan dingin, timbang masing masing 10 gram sisihkan.



No comments: