Wednesday, December 16, 2015

Dendeng batokok




Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh...  
Hari ini @uploadkompakan temanya all about sumatra barat yang ada dikepala aku selain masakan padang ya jam gadang. Kalo motoin jam gadang gak mungkin bgt heheeheh walau berharap suatu saat nanti bisa berkunjung ke tanah minang Aamiin .. 
Perasaan kemarin sempet bikin dendeng lumayan banyak sih aku simpen di lemari es jadi aku mau bikin dendeng batakok aja gampang tinggall bikin sambal ijo nya aja deh.

Dendeng batokok adalah masakan khasSumatera Barat dibuat dari irisan tipis dan lebar daging sapi setelah diiris tipis melebar lalu dipukul-pukul dengan batu cobek supaya daging nya menjadi lembut. Dan kemudian makanan ini diberi cabai hijau yang diiris kasar. (Sumber wikipedia)


Bahan-bahan/bumbu-bumbu:
500 gram daging has dalam
3 buah asam kandis
1.000 ml air
minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus:
5 siung bawang putih
1 sendok makan ketumbar
2 cm jahe
2 sendok teh garam

Bahan Sambal:
12 butir bawang merah
15 buah cabai hijau besar
4 buah tomat hijau, belah empat
3 lembar daun jeruk, buang tulangnya
2 sendok teh garam
100 ml air
2 sendok makan minyak untuk menumis 



Cara membuat dendeng batokok: 
Lumuri daging dengan asma kandis dan bumbu halus. Rebus bersama air sampai empuk. Angkat. 
Iris tipis daging searah serat. Memarkan sampai tipis dan melebar. Letakkan dalam loyang. 
Goreng daging dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai kering. Tiriskan. 
Sambal, tumbuk kasar bawang merah, cabai hijau, dan tomat. Tumis dalam minyak yang sudah dipanaskan bersama daun jeruk sampai harum dan setengah layu. Tambahkan garam dan air. Masak diatas api kecil sampai mengering. 
Masukkan daging. Aduk hingga terbalut rata.


No comments: