Thursday, April 25, 2013

sup bola ayam tahu


  Panas banget hari ini pingin makan yg seger seger kayaknya enak nich coba cek isi lemari es ada ayam udang ama tahu. ehmmm dibikin sup kayaknya enak nich biar seger berkuah
buka buka primbon akhiirnya dibkin sup bola ayam tahu aja deh.

sepulang jemput anak anak sekolah langsug deh diserbu ama krucil krucil alhamdulillah
anak anak pada doyan karena dibentuk bakso jadi ngak kelihatan tug si mr udang
soalnyan anak anak paling anti kalo makan udang tapi kalo disembunyiin dalam bentuk tempura atau dopotong potong halus dicampur ama bala bala jagung suka dia.
so yuk cek n ricek resepnya ya.


 sup bola ayam tahu
source: buku sedap (olahan ayam untuk pemula)

bahan bola ayam tahu:
300gr ayam giling
100gr udang giling
2 siung bawang putih haluskan
1tangkai daun bawang iris halus
1/2 wortel yg besar potong kecil kecil
1 tangkai daun bawang potong halus.
1 butir putih telur
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica

Bahan kuah:
300gr tulang ayam
2000 ml air
3 sdt garam
2 sdt gula
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk
1 tangkai daun bawang potong 1cm
2 tangkai seledri ikat

50 gr buncis potong potong
1 buah wortel potong sesuai selera

Cara membuat:
KUAH: rebus tulang ayam dgn api kecil sampai
mengeluarkan kaldu.angkat dan saring.
BOLA AYAM TAHU: Campur ayam, udang dan
tahu. tambahkan bawang putih, daun bawang,
putih telur, garammerica aduk hingga rata.
Masukkan sebagian ke dlm tahu dan sebagian
lainnya bentuk bola bola dgn 2sendok rebus sampai
mengapung.
didihkan kaldu, masukan seledri wortel, dan buncis masak
sampai matang. Masukkan bola ayam dan tahu isi satu per satu
biarkan terapung.
Tambahkan garam, merica, dan pala bubuk, aduk sampai rata
Masukkan daun bawang. rebus sampai mendidih lagi angkat dan sajikan pas hangat.






happy cooking

4 comments:

dentistvschef said...

aku suka warna bakso ayam yg dikasih sayuran warna warni, klo aku plg suka pake jamur kuping
fotonya keren juga!

tata | bonitafood said...

Bikin lapaaarrrr.... Dan seperti biasa, styling dan photonya Mbak Tati itu juaraa :D

Tati Widarti said...

thanks mba dentistvschef... yeee belum perna tuh mba pake jamur entar mau coba kayaknya enak ya....

Anonymous said...

matur suwon tata.. hehehe... kan dikau yang jadi inspirasi aku heheh....