Tuesday, November 26, 2013

Tahu lontong A.K.A Tahu tek tek

Assalamualaikum..... 
Pah kabar temen temen semua kemarin pas bikin bubur kacang hijau kebanyakan rendemnya jadisebagian aku bikin buat kecambah aja dan ini percobaan pertama loh dan hasil alhamdulillah lumayan panjang karena selama ini aku bikinya yang pendek yang buat rawon ama soto.
Ternyata mudah loh bikinnya asal rajin menyiramnya.


Cara bikinnya kira kira aja ngak pake ukuran ya hehehe
Ambil 1 atau 2 genggam kacang hijau atau sesuai selera, Cuci sampai bersih dan rendam semalaman lalu tiriskan. Ambil tempat yang berlubang lubang apa ya namanya yang kayak saringan gitu alasi dengan tisue lalu taruh kacang hijau yang telah ditirikan dan tutup dengan tisue lagi siram 2-3 kali dalam sehari atau kalo tisue terlihat kering percikin dengan air. 
Lakukan sampai 3 hari siap dipanen deh kalo pingin yang pendek 1 hari udah bisah dipanen. 


Karena stockkecambah masih banyak buat sarapan kemarin aku bikin tahu lontong atau tahu tek tek 

Tahu lontong
resep by: sajian sedap 

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
2 buah (450 gram) tahu putih
100 ml air
1/2 sendok teh garam
1 siung bawang putih, dihaluskan
4 butir telur, dikocok lepas

Pelengkap:
4 buah lontong, dipotong-potong
75 gram taoge pendek mentah
bawang merah goreng
50 gram kacang tanah kulit goreng

Bumbu Kacang:
100 gram kacang tanah, digoreng, dihaluskan (aku ganti dengan 50 gram kacang mede 50 gram kacang tanah)
1 sendok makan kecap manis
100 ml air

Bumbu Halus:
2 siung bawang putih
5 buah cabai rawit
1 sendok teh air jeruk nipis
1/2 sendok teh garam
3/4 sendok teh gula merah



Cara Pengolahan :
Rendam tahu putih dengan air, garam, dan bawang putih. Diamkan 15 menit.
Potong tahu 1 1/2 x 1 1/2 cm. Goreng sampai setengah matang. Tiriskan sambil ditekan agar airnya keluar. Masukkan dalam kocokan telur. Aduk rata. Goreng sampai matang. Angkat. Tiriskan. Potong-potong.
Aduk rata bumbu kacang dan bumbu halus.
 
Cara penyajian:
Tata lontong, tahu telur, taoge mentah, siram bumbu kacang, tabur bawang merah goreng,dan Sajikan.



happy cooking .....

No comments: