Sunday, June 30, 2013

Brownies kukus ny. liem



Brownies ehmmm ngak akan bosen deh ama yang satu ini banget bagi kami serumah tapi cuma si ayah aja sih yang ngak begitu suka kue yang manis. but buat anak anak anak suka banget rasa coklatnya yang pasti bikin mereka menggemari apapun jenis brownies.



Pas vacation kemarin disempetin kegramedia ada buku 500 resep kue dan masakan koleksi ny. liem yang paling diminati... ada beberapa macem resep brownies kukus.
Aku suka banget ama tektur brownies ini lembut dan seperti biasa aku coba skip untuk cake emulsifier selain aku ngak ada stock didapur juga untuk mengurangi bahan bahan kimia biar aman buat anak anak ....





Brownies kukus Ny. Liem
source: 500 resep kue dan masakan Ny. Liem
Aku bikin 1/2 resep dari buku

bahan I :
6 butir telur
225 gram gula pasir
1/4 sdt garam
10 gram cake emulsifier (aku skip)
1/2 sdt vanila bubuk

Bahan II (Campur dan ayak)
125 gram tepung terigu protein sedang
50 gram coklat bubuk
1/2 sdt baking powder

Bahan III (Cairkan)
175 mi minyak sayur
100 gram dark cooking chocolate

Bahan  IV (Buat lapisan)
150 ml susu kental manis ( aku pake cheddar cheese)


Cara membuat
  1. Dalam panci kecil panaskan minyak dan dark cooking chocolate dengan api kecil jangan sampai mendidih sampai dcc larut angkat dan dinginkan. 
  2. Campur dan kocok bahan I sampai menjadi satu hingga mengembang dan kental
  3. Masukkan bahan II sedikit demi sedikit hingga adonan rata aduk dengan spatula. lalu tuang bahan IIIaduk perlahan dengan spatula hingga tercampur rata. 
  4. Bila mengunakan lapisan coklat ambil adonan 100 gram campur dengan bahan IV sisihkan.
  5. Bagi adonan jadi dua bagian, bagian pertama tuang adonan dalam loyang ukuran 20 x 20 x 7cm yang telah diolesi dengan sedikit minyak dan dialasi dengan kertas roti kukus selama 10 menit dengan api sedang.
  6. Tuang adonan yang telah dicampur dengan bahan IV ( kalo aku tatta chaddar chesse diatasnya) kukus 10 menit 
  7. dan terakir 1/2 bagian adonan sisa  kukus kembali selama 30 menit atau hingga matang. 
  8. Angkat dan dinginkan.
Happy cooking mom.....



 

5 comments:

Lephia Aoi said...

keren aku duka foto2nya
pernah buat juga brownies ini tapi browniesnya vanilla lol

Cornelia Monita Setyorini said...

Halo..mba mau tanya bahan 3nya kapan dimasukkannya? Trims

Tati Widarti said...

makasih mb lephia aoi udah berkunjung hehe....

Tati Widarti said...
This comment has been removed by the author.
Tati Widarti said...

duh maaf kurang masukin keresep ya bahan yng ke tiga makasih udah diingetin ya mb cornelia monita setyorini masukinnya setela adonan kedua diaduk rata baru bahan ketiga dimasukan sedikit demi sedikit sampai habis dan diaduk rata ....