Monday, May 20, 2013

Ayam Goreng Ragi



 Assalamualaikum.......

Hari ini panas banget 40 derajat celcius... panas banget palagi kalo pas jemput anak anak sekolah panasnya sampai bikin pusing kepala. Tapi kalo udah datang summer bearti pul kam udah mulai dekat jadi tetep Alhamdulillah ....... :)
 Buat makan siang hari ini bikin ayam goreng ragi aja sedikit rempong sih bikin serundengnya jadi dari malem aku udah bikin duluan jadi paginya tinggal matengin ayamnya. jadi ngak mepet pas waktu jemput anak anak...
Jadi anak anak pulang sekolah udah ready deh hehehe....



Ayam Goreng Ragi
source: Hidangan sunda primarasa

Bahan:
1 ekor (600 - 700 gram) ayam kampung
1 1/2 sdt garam
2 siung bawang putih, haluskan
2 cm, haluskan
200 ml santan kental
minyak goreng
450 gram kelapa agak muda, parut kasar memanjang

Bumbu halus:
8 butir bawang merah
6 siung bawang putih
2 sdm ketumbar sangrai
4 butir kemiri sangrai
3 cm kunyit
2cm jahe
2 sdm gula pasir
1 1/2 sdt garam


Cara membuat:
Potong potong ayam beserta tulangnya manjadi kurang lebih 20 bagian. Campur garam, bawang putih, dan kunyit, lalu campur dengan potongan ayam.

Masukkan aam berbumbu ke dalam wajan, tambahkan santan, tutup wajan, ungkep hingga ayam empuk dan cairannya mengering, angkat.

Panaskan minyak yang banyak dalam wajan, gorenga ayam hingga kekuningan, angkay sisihkan.

Campur kelapa parut bersama bumbu halus, taruh dalam wajan. Masak sambil diaduk diatas api sedang hingga berwarna kuning kecoklatan.

Masukkan Ayam goreng, aduk hingga tercampur rata dengan kelapa, Angkat.




Happy cooking

1 comment:

Gee® said...

enak sekali ayamnya...