Thursday, February 28, 2013

Korean beef rice bowl

Udah lama ya ndak ng blog kangen juga ya ber bagi resep disini lagi males banget pegang kamera. pas juga lagi liburan kemarin jadi kegiatan banyak outdoor makan juga sering diluar jadi dapur sementaram kemarin off dulu hehehe.. :) 
ndak terasa udah akhir february ya  cepet banget ya udah mau bulan maret hehehe dalam rangka menghitung bulan mau pulang kampung tohh... ;)  
buka buka pinterst ada resep koren beef rice bowl kayaknya enak nich buka di webnya ternyata bahannya juga ada semua dan bikinnya juga gampang banget jadi bikin deh...

Cara membuat korean beef rice bowl:
 Berikut adalah racikan bumbunya: soy souce, minyak wijen, jahe parut, bawang putih cincang, gula merah.
Potong potong kecil daging sapi karena dibuat makanan yang siap santap dalam bowl jadi harus bener bener kecil dan tipis pada saat memotongnya

rendam dalam bumbu perendam selagi menyiapkan sayurannya

Zucchini ( ndak tahu ya kalo di indonesia nama nya apa ya ) , bayam, bawang dan wortel. Perhatikan bahwa sayuran juga dipotong sangat kecil atau sangat tipis. Karena semua harus dimasak hampir pada saat yang sama.

  

Tumis bawang dengan minyak sayur sampai layu

Kemudian tambahkan daging sapi. Tumis daging sapi sampai hanya nyaris merah muda di tengah.

 Tambahkan zucchini dan wortel

 Aduk sampai rata lalu tambahkan bayam....

 Bila sayuran udah lalu masukan wijen seed matikan kompor sajikan selagi hangat dengan semankok nasi


Korean beef rice bowl
bahan: 
250gr daging sapi (potong kecil kecil dan tipis)
2 sdm soy souce
1 sdt minyak wijen
1 sendok teh jahe parut
1 siung bawang bombay, cincang halus
1 sdm gula merah
1 1/2 sdm minyak goreng
1/2 bawang bombai, potong dadu
1 wortel besar, potong korek api
1 buah kecil zucchini, potong dadu
2 genggam daun bayam
1 sendok makan biji wijen sangrai

4 biji cabe rawit iris tipis ( bila suka)

Cara membuat: 

1. Potong daging sapi kecil kecil dan tipis memanjang atau bentuk dadu

2. Dalam mangkuk besar, campurkan kecap, minyak wijen, jahe, bawang putih dan gula merah. Tambahkan daging sapi dan aduk sampai rata. Biarkan meresap sisihkan. Langkah 1 dan 2 bisa dilakukan  1 hari sebelumnya.


3. Panaskan wajan dengan api sedang. Ketika panas. Tambahkan bawang dan tumis selama 1 menit, atau sampai bawang bombay layu lalu Tambahkan daging sapi, aduk sampai rata. Tumis selama 2-3 menit sampai hanya nyaris merah muda.


4. Tambahkan dalam wortel, zucchini. Masak selama 1 menit. masukkan bayam dan masak selama satu menit tambahan.  bilang ingin pedas tambahkan irisan cabe rawit. Taburi dengan biji wijen. Angkat dan Sajikan dengan nasi.


Karena aku dan my hubby suka banget pedas aku tambahin irisan cabe rawit ...


 Happy cooking

1 comment:

sabar dubai said...

I like it soo much..thanks for sharing