Monday, February 11, 2013

Arsik ikan nila


Udah lama banget pingin bikin masakan ini setelah ramai di antara para food blogger 
Selain kebentur ama bahan bahan yang sangat terbatas cari ikan mas disini juga susah banget 
mungkin kalo aku pulang kampung belum tentu dapat juga bahan bahan nya
karena kalo di jawa timur bahan bahan kecombrang, asem andaliman dan bawang batak bakalan susah juga carinya

Pas kemarin kesalah satu toko indonesia disini kebetulan ada kecombrang akhirnya 
beli juga ya walou kurang banyak bumbu bumbunya bikin juga akhirnya karena udah terlalu ngecesnya hahahaha... :D




Arsik ikan nila

(untuk 2 ekor ikan mas merah @ 6-8 ons)
Bumbu Halus :
15 siung Bawang Merah
5 siung Bawang Putih
8 butir Kemiri
15 Cabe Merah Keriting ( sesuai selera)
5 cm Jahe
3cm Lengkuas Muda
10cm Batang Sereh bagian Putih nya
3 cm Kunyit tua
1 sdt ketumbar halus

Bumbu pelengkap :
Daun Salam 6 lembar
Daun Kunyit 4 lembar sedang
Lengkuas Tua Geprek
Batang Sereh 10-12 batang
Kuncup Bunga Kecombrang/ Kencong 3 - 5 buah
Andaliman 20-25 butir digeprek ( aku ndak pake )
Bawang Batak , 150gram ( aku pa ke bawang daun biasa potong jadi 3 dan belah jadi 4 bagian )
Asam kandis 2 buah
Tomat 2 buah diparut
Garam secukupnya ( dicampur ke bumbu halus)

Cara Membuat:
- Susun diatas kuali/wajan, batang sereh yang sudah digeprek, kuncup bunga kecombrang juga yang sudah digeprek, diatasnya taruh beberapa lembar daun salam dan daun kunyit.
- 1/4 bagian bumbu halus dimasukkan ke belahan perut ikan yang sudah dibersihkan, balur ikan dengan sebagian bumbu halus, letakkan diatas susunan alas tadi, siram dengan sisa bumbu halus dan andaliman yang sudah digeprek
- taburkan lagi daun salam, daun kunyit dan lengkuas geprek, asam kandis. beri air sedikit saja, jangan sampai ikan tenggelam.
- Tutup wajan, masak dengan api kecil. setengah masak, taburkan bawang batak dan parutan tomat, tutup lagi
- masak sampai air asat/habis sekitar 1- 2 jam.
- Ikan dibiarkan saja, jangan di bolak balik.



maskipun keterbatasan ama bahan tapi rasa enak banget sensasi baru buat saya dan keluarga ternyata pada suka semua palagi kalo bumbu bumbunya lengkap ya 
pasti tambah nendang deh rasanya








Happy cooking

No comments: