Monday, October 8, 2012

Ketan tabur serundeng

Ini mah bikinnya udah lama banget hanya belum sempet dipostingin.....
Baru bisa posting saat ini setelah break lama banget karena mudik jadi ndak ada waktu untuk buka blog.
lama juga ya jadi kangen.

Bikin ketan kali ini agak banyakan karena serumah pada seneng semua jadi semangat deh bikinnya
resepnya sih hasil nyontek dari tabloit bintang dan sedikit aku modifikasih sedikit...





Ketan tabur serundeng
source: tabloitbintang

BAHAN:
500 gr beras ketan, rendam dua jam
250 ml santan dari setengah butir kelapa
1/2 sendok teh garam
2 lembar daun pandan

BUMBU SERUNDENG:
1/2 butir kelapa setengah tua, kupas, parut
25 gr ebi, sangrai, haluskan
2 buah cabai merah, haluskan
2 siung bawang putih, haluskan
2 lembar daun jeruk
garam dan gula pasir secukupnya



CARA MEMBUAT:
Cuci bersih ketan, lalu kukus selama 15 menit.
Didihkan santan, garam, dan daun pandan, angkat lalu campurkan pada ketan kukus, aduk rata dan diamkan hingga santan terserap.
Kukus ketan kembali selama 30 menit hingga matang, angkat. Bagi ketan menjadi beberapa bagian, bentuk bulat.
Bumbu serundeng: Sangrai kelapa parut dan semua bahan kecuali garam dan gula hingga kecokelatan. Angkat lalu haluskan dengan garam dan gula pasir.
Taburi ketan dengan bumbu serundeng hingga rata. Sajikan.


happy cooking......




2 comments:

Dian Degen said...

yumm..yumm.. Tati! aku pernah bikin pake kacang kedelai bukan kelapa.. enak jg.. fotonya selalu menawan..:-)

Tati Widarti said...

allooo pa kabar mba dian waahhh belum pernah nyoba yg pake kedelai ... thanks ya mba dian udah mampir...