Thursday, February 28, 2013

Korean beef rice bowl

Udah lama ya ndak ng blog kangen juga ya ber bagi resep disini lagi males banget pegang kamera. pas juga lagi liburan kemarin jadi kegiatan banyak outdoor makan juga sering diluar jadi dapur sementaram kemarin off dulu hehehe.. :) 
ndak terasa udah akhir february ya  cepet banget ya udah mau bulan maret hehehe dalam rangka menghitung bulan mau pulang kampung tohh... ;)  
buka buka pinterst ada resep koren beef rice bowl kayaknya enak nich buka di webnya ternyata bahannya juga ada semua dan bikinnya juga gampang banget jadi bikin deh...

Cara membuat korean beef rice bowl:
 Berikut adalah racikan bumbunya: soy souce, minyak wijen, jahe parut, bawang putih cincang, gula merah.
Potong potong kecil daging sapi karena dibuat makanan yang siap santap dalam bowl jadi harus bener bener kecil dan tipis pada saat memotongnya

rendam dalam bumbu perendam selagi menyiapkan sayurannya

Zucchini ( ndak tahu ya kalo di indonesia nama nya apa ya ) , bayam, bawang dan wortel. Perhatikan bahwa sayuran juga dipotong sangat kecil atau sangat tipis. Karena semua harus dimasak hampir pada saat yang sama.

  

Tumis bawang dengan minyak sayur sampai layu

Kemudian tambahkan daging sapi. Tumis daging sapi sampai hanya nyaris merah muda di tengah.

 Tambahkan zucchini dan wortel

 Aduk sampai rata lalu tambahkan bayam....

 Bila sayuran udah lalu masukan wijen seed matikan kompor sajikan selagi hangat dengan semankok nasi


Korean beef rice bowl
bahan: 
250gr daging sapi (potong kecil kecil dan tipis)
2 sdm soy souce
1 sdt minyak wijen
1 sendok teh jahe parut
1 siung bawang bombay, cincang halus
1 sdm gula merah
1 1/2 sdm minyak goreng
1/2 bawang bombai, potong dadu
1 wortel besar, potong korek api
1 buah kecil zucchini, potong dadu
2 genggam daun bayam
1 sendok makan biji wijen sangrai

4 biji cabe rawit iris tipis ( bila suka)

Cara membuat: 

1. Potong daging sapi kecil kecil dan tipis memanjang atau bentuk dadu

2. Dalam mangkuk besar, campurkan kecap, minyak wijen, jahe, bawang putih dan gula merah. Tambahkan daging sapi dan aduk sampai rata. Biarkan meresap sisihkan. Langkah 1 dan 2 bisa dilakukan  1 hari sebelumnya.


3. Panaskan wajan dengan api sedang. Ketika panas. Tambahkan bawang dan tumis selama 1 menit, atau sampai bawang bombay layu lalu Tambahkan daging sapi, aduk sampai rata. Tumis selama 2-3 menit sampai hanya nyaris merah muda.


4. Tambahkan dalam wortel, zucchini. Masak selama 1 menit. masukkan bayam dan masak selama satu menit tambahan.  bilang ingin pedas tambahkan irisan cabe rawit. Taburi dengan biji wijen. Angkat dan Sajikan dengan nasi.


Karena aku dan my hubby suka banget pedas aku tambahin irisan cabe rawit ...


 Happy cooking

Monday, February 11, 2013

Arsik ikan nila


Udah lama banget pingin bikin masakan ini setelah ramai di antara para food blogger 
Selain kebentur ama bahan bahan yang sangat terbatas cari ikan mas disini juga susah banget 
mungkin kalo aku pulang kampung belum tentu dapat juga bahan bahan nya
karena kalo di jawa timur bahan bahan kecombrang, asem andaliman dan bawang batak bakalan susah juga carinya

Pas kemarin kesalah satu toko indonesia disini kebetulan ada kecombrang akhirnya 
beli juga ya walou kurang banyak bumbu bumbunya bikin juga akhirnya karena udah terlalu ngecesnya hahahaha... :D




Arsik ikan nila

(untuk 2 ekor ikan mas merah @ 6-8 ons)
Bumbu Halus :
15 siung Bawang Merah
5 siung Bawang Putih
8 butir Kemiri
15 Cabe Merah Keriting ( sesuai selera)
5 cm Jahe
3cm Lengkuas Muda
10cm Batang Sereh bagian Putih nya
3 cm Kunyit tua
1 sdt ketumbar halus

Bumbu pelengkap :
Daun Salam 6 lembar
Daun Kunyit 4 lembar sedang
Lengkuas Tua Geprek
Batang Sereh 10-12 batang
Kuncup Bunga Kecombrang/ Kencong 3 - 5 buah
Andaliman 20-25 butir digeprek ( aku ndak pake )
Bawang Batak , 150gram ( aku pa ke bawang daun biasa potong jadi 3 dan belah jadi 4 bagian )
Asam kandis 2 buah
Tomat 2 buah diparut
Garam secukupnya ( dicampur ke bumbu halus)

Cara Membuat:
- Susun diatas kuali/wajan, batang sereh yang sudah digeprek, kuncup bunga kecombrang juga yang sudah digeprek, diatasnya taruh beberapa lembar daun salam dan daun kunyit.
- 1/4 bagian bumbu halus dimasukkan ke belahan perut ikan yang sudah dibersihkan, balur ikan dengan sebagian bumbu halus, letakkan diatas susunan alas tadi, siram dengan sisa bumbu halus dan andaliman yang sudah digeprek
- taburkan lagi daun salam, daun kunyit dan lengkuas geprek, asam kandis. beri air sedikit saja, jangan sampai ikan tenggelam.
- Tutup wajan, masak dengan api kecil. setengah masak, taburkan bawang batak dan parutan tomat, tutup lagi
- masak sampai air asat/habis sekitar 1- 2 jam.
- Ikan dibiarkan saja, jangan di bolak balik.



maskipun keterbatasan ama bahan tapi rasa enak banget sensasi baru buat saya dan keluarga ternyata pada suka semua palagi kalo bumbu bumbunya lengkap ya 
pasti tambah nendang deh rasanya








Happy cooking

Thursday, February 7, 2013

Bread pudding


Buat nemeni weekend ini bikin bread pudding udah lama nich bookmark bread pudding 
nya mba tika. pas banget juga roti sisa bikin bento buat bekel anak anak udah banyak
dan udah mau mendekati dengan exp date jadi 
jadilah bread puding bikinnya juga ndak pake lagi lagi......


 Bread pudding
source: tika hapsari

ingredients:
2 butir telur kocok lepas
625 susu cair
1 sdt cinnamon bubuk
1 sdt vanila bubuk
1/4 garam 
125 gula pasir
100 gra raisin
500 gr roti tawar sobek sobek kecil kecil

Method:  
Panas kan oven dengan suhu 180 derajat celcius, Dalam mangkok besar campur telur, susu,
vanila bubuk, gula, garam dan raisin lalu aduk sampai rata dan benar benar tercampur
Tata roti dalam pinggan tahan panas dan tata roti lalu  siram dengan adona susu dan taburi dengan cinamon bubuk
Oven selama 30 menit
angkat dan sajikan puddding dalam keadan hangat.


 pudding ini enak juga disajikan dingin jadi simpan dalam lemari es sebelum disajikan
bila ingin dalam keadaan hangat juga tinggal dipanasin dalam 
microwave ehmmm yummmyyyy...






Happy cooking

Friday, February 1, 2013

Roti jala & Kare ayam

 

Awal bulan february ehmmmm ndak kerasa ya .... masak apa ya hari ini mentok binggung 
mau bikin apa?????? 
Rutinitas renungan selalu tiap pagi di depan lemari es...hehee..
buka buku resep primarasa bawa dari indonesia pilih pilih sambil nyesuaikan isi 
lemari es pilihan jatuh ke kare ayam alhamdulillah bahannya lengkap
mulai dehhh aktivitas didapur dilaksanakan....



Roti Jala
source: Primarasa

Bahan :
75 ml santan kental
425 ml air
225 gr tepung terigu
1 sdt garam
1 butir , kocok lepas
Minyak goreng untuk olesan.

Cara Membuat:

Campurkan santan kental dan air. Taruh tepung dalam wadah, tambahkan garam, aduk, buat lubang di tengahnya. Masukkan telur kocok, aduk sambil masukkan santan yang sudah diencerkan secara bertahap hingga menjadi adonan yang licin dan rata.

Saring adonan dengan menggunakan saringan. Hasil saringan sebaiknya tidak terlalu kental atau terlalu encer. Siapkan cetakan khusus untuk membuat roti jala.

Panaskan wajan teflon, olesi dengan minyak goreng. Masukkan adonan ke dalam cetakan roti jala. Segera putar cetakan di atas permukaan wajan sehingga adonan mengalir dari lubang cetakan dan membentuk jaring. Biarkan hingga adonan matang, keluarkan dari wajan. Lakukan hingga adonan habis.

Taruh roti jalan di atas talenan, masing-masing lipat/gulung.




Kare ayam

Bahan:
½ ekor ayam
50 ml air asam jawa
3 sdm minyak untuk menumis
1 butir bawang Bombay, iris bulat
4 siung bawang putih, iris tipis
3 cm kayu manis
5 butir kapulaga
10 butir cengkih
2 batang serai, memarkan
1 sdm curry bubuk

bahan Halus:
1 sdt ketumbar sangrai
½ sdt merica butir
½ sdt jintan
½ sdt adas(aku ndak pake)
3 cm jahe
4 buah cabai merah besar
4 butir kemiri
400 ml santan sedang

                                                        Cara membuat:

bersihkan ayam, lalu potong-potong menurut selera. Lumuri ayam dengan air asam jawa. Sisihkan.
panaskan minyak. Tumis bawang Bombay dan bawang putih sampai harum dan layu. Tambahkan kayu manis, kapulaga, cengkih, serai, curry bubuk dan bumbu halus. Tumis sampai harum.
masukkan daging ayam. Aduk sampai daging ayam kaku. Tuangkan santan, lalu masak sampai ayam matang dan kuah kental, angkat.



Happy cooking