Thursday, January 31, 2013

Bubur ayam



Nya-bu  nyarab bubur yuukkk.... anak aku yg girl lagi sakit  demam munkin karena ganti gigi baru kali ya 
hehhehe,... kayak baby mau tumbuh gigi aja :))
jadi makan pake bubur aja ya kak biar gampang ngunyahnya besok baru kedokter gigi
biar dicabut aja yg sudag goyang.....



Bubur ayam
source: NCC

Bahan:
1 ekor ayam kampung
3.5 lt. air
150 gr beras
1 sdt garam

Untuk Kuah :
2 lbr daun jeruk
2 btg serai

Bumbu halus :
2 sdt ketumbar, sangrai
1 btr kemiri, sangrai
2 bh bawang putih
1 cm kunyit
1 sdt garam

Pelengkap :
Kecap manis, daun bawang iris tipis, kerupuk , bawang goreng, 
kedelai goreng, telur puyuh rebus pake kunyit dan sambal.

Untuk sambal :
5 bh cabe merah, rebus
3 bh cabe rawit, rebus.

Cara membuat :
Rebus ayam dengan 3500ml air hingga mendidih dan ayam matang, angkat, saring kaldunya, sisihkan 3000ml. goreng ayam, lalu suwir-suwir.
Masak beras dengan 2500ml kaldu hingga menjadi bubur, angkat sisihkan.
Buat kuah : panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun jeruk, serai, tambahkan sisa kaldu. masak hingga mendidih, angkat.
Buat sambal : haluskan cabe merah dan rawit, tambahkan 2 sdm kaldu, aduk rata.
Sajikan bubur panas, siram dengan kuah, beri taburan ayam suwir, daun bawang, kedelai, telur puyuh, kerupuk, dan bawang goreng.


Doha pagi ini kayaknya mendung matahari malu malu kucing untuk menampak kan sinarnya jadi pas banget ngopi dulu ya ... kebetulan masih punya kopi homemade bikinan
ibu aku yang disangrai dan ditumbuk sendiri 
harum banget aroma kopinya.....
padahal bukan pecinta kopi tapi kalo udah mencium aroma kopi kampung
tergoddda juga untuk nyicipinya... :)

semangat .... and selamat beraktifitas ........


Kuahnya kok ndak bisa kuning gitu ya ... kurang kali ya kunyitnya krn pake kunyit yg fresh trs kunyitnya kayaknya masih muda jadi kuningnya  ndak keluar kayaknya sih. kali ya biasanya aku pake 
kunyit bubuk lagi kehabisan 



 happy cooking

Sunday, January 27, 2013

caterpillar bread "water roux method"


Yipeee alhamdulillah udah sutarday lagi ndak terasa waktu begitu cepat berlalu....time for baking and 
hangout with mt small family.....
jumat malem bikin roti dulu buat bekel entar sabtunya anak anak mau ngajak ke MIA park
jadi buat bekal entar aku bikin macam macam roti kesukaan anak anak
mba ais suka ama tuna dan si kaka ama ale suka ama sosis jadi 
pizza mini buat mba ais dan caterpillar bread buat kaka dan ale dan alhamdulillah pada suka semua.

Sekarang bikin bread nya mencoba dengan metode water roux yg ter kenal hasil rotinya empuk banget 
dan setelah dicoba ternyata bener hasil akhir rotinya memuaskan empuk banget.


Resep dan step by stepnya aku lihat di blognya mba ricke dan mba hesty 

Bahan buat rotinya 

water roux:
 50 gram tepung terigu protein tinggi
250 ml air

Bahan:
400 gram tepung protein tinggi
200 gram tepung protein rendah aku pake all purpose flour
100 gram gula pasir
2 sdm susu bubuk
1 butir telur plus 1 kuning telur
10 gram ragi instant aku pake 1 sachet 11 gram
200 gram water roux
175-200 ml air hangat
75 gram margarine
1 sdt garam

Topping:
Sosis
Abon sapi
Tuna kalengan peras buang minyak atau air dalam kemasan
mushroom
daun bawang iris tipis
saus tomat buat pizza
oregano bubuk
maiyones
mozzarella cheese
cheddar cheese

Cara membuat:
water roux: Dalam panci campur tepung terigu protein tinggi dan air. aduk sampai rata jangan sampai mengerindil, dengan api sedang aduk terus dengan mengunakan whisk sampai mengental jangan sampai mendidih dan warnanya pitih susu jangan sampai berwarna keabu abuan
bila berwarna keabu abuan bearti udah tidak bisa dipake lagi.
Sisih kan hingga dingin.



Roti:
Tuang semua bahan kering dalam bowl besar atau dalam bowl mixer aduk sampai rata lalu masukkan secara bergantian telur dan water roux. lalu masukan air sedikit demi sedikit bila dirasa udah kalis hentikan pemberian air biala kurang bisa ditambahin. Tambahkan margarine dan garem uleni lagi sampai bener bener kalis dan elastis.

Tutup adonan roti denga wrap plastik atau serbet basah fermentasikan selam 45menit atau sampai mengembang 2kali lipat

Kempes kan adonan lalu uleni sebentar lalu bagi adonan kira kira buat caterpillar 60gram dan untuk roti abon dan mini pizza 40 gram bentuk bulat dan diamkan selama 10 menit.

Untuk caterpillar step by step nya seperti gambar dibawa ini
untuk pizza mini pipihkan adonan olesi denga saos tomat lalu taburi dengan oregano dan tata tuna sampai menutupi semua permukan roti dan beri mushroom yg sudah diris tipis tipis 
tutup dengan mozzarella dan cheddar cheese terakhir taburi dengan daun bawang

Roti abon: pipihkan adonan roti belah jadi 3 bagian bentuk kepang dan rapi kan kedua sisinya 

Lalu fermentasikan kembali selama 30 menit dan siap dioven selama 15-20 menit dengan suhu 175 -180derajat celcius atau sampai kuning keemasan.


sajikan pizza mini dengan maiyones dan saus tomat atau saus sambal karena anak anak ndak suka pedas jadi pake saus tonat aja dan buat my hubby pake saus yg super pedas.... :)


roti abon sapi gurih banget aku palig suka yang ini kebetulan masih ada stock abon sapi bawa dari indonesia 
jadi dimanfaatin deh...


Bekel buat hangout  in Mia park yg ini polosan aja soalnya mayonais ama saos tomatnya 
ketinggalan. tetep enak kok dan habis laris manis bawa 2box 
habis lari lari jadi laper 

 

Happy cooking


Sunday, January 20, 2013

Jalan jalan di suoq waqif


Didoha lagi asyik nich cuacanya adem paling enak kalo jjs ( jalan jalan sore ) ke suoq waqif aja ya ..
dengan suhu 17 derajat celcius tanpa angin ehmmm sejuk banget doha. souq waqif tempat paling asyik buat nongkrong palagi kalo pas winter gini.
souq waqif souq artinya pasar bentuk bangunannya masih dipertahankan dengan bangunan tempo dulu

souq waqif ini tujuan belanja terkenal karena menjual pakaian tradisional, rempah-rempah, 
kerajinan tangan, dan souvenir. Dan ada beberapa restoran yang menyajikan masakan dari seluruh dunia, serta lounge Shisha. 




Ini adalah beberapa handmade orang pribumi yg terbuat dari daun kurma yang dikeringkan
kemarin sempat beli kipas buat bbq dan keranjang kecil buat FP
ternyata penjaganya orang indonesia kayaknya pembantu nya yang punya dagangan.




Ini kayak polisi pasar kali ya kalo diindonesia jadi dia keliling souq tiap beberapa menit
kudanya keren ya palagi yang orangnya qiqiqiq.....




Beberapa sovenier dan handmade banyak disini dijual yang dari kayu ini adalah papan catur dan lain lain
harganya lumayan mahal sih tapi bisa ditawar sih seperti pasar pada umumnya


Perapian yang ditaroh dibeberapa sudut restouran jadi pengunjung yang nongkong berasa hangat gitu
unik ya perapiannya 








Gerobak tua ini disewa in loh ojek gerobak kali ya .... biasanya qatari kalo belanja tuh banyak banget 
dan sewa ini gerobak buat angkut barang barang belanjaan, biasanya yang dorong
udah pada tua tua akih akih gitu 
kadang kasian lihatnya kalo banyak gitu udah tua dorong dorong gerobak.










Istirahat dulu ya habis jalan jalan kita coba ke rumah makan marocco ya kayak nya belum perna kita ke restorant ini kita ciba chicken cous cous... makanan khas marocco
bentuknya kayak nasi jagung tapi lebuh enak ini kalo nasi jagung hambar ya rasanya 
kalo ini diberi beberapa bumbu jadi berasa dan diberi
topping chicken dan kacang mete dan telur rebus yang dibelah
udah dulu ya kita makan dulu yeee.....



sih pussy yang nunggu tulang nich.... imut kucing nya suka......
nich pussy tulangnya hehhehehe,,.....






menjelang gelap para photograper mulai bereaksi nich ehhh ada camera nikon geletak nich
kalo diindonesia aman ngak sih kayak gini heheh...
Ternyata pemiliknya lagi ada di pingir jalan sambil bawa remote wirelesss...





Lemon kering buat bahan machboos rice ( masakan nasi dari arabic yang ada chickenya gitu) 







Udah malem eh kita pulang dulu ya lain waktu kita jalan jalan lagi ya sekitar doha