Saturday, June 30, 2012

pecel pincuk


Sego pecel pincuk ato nasi pecel pincuk, pincuk adalah pengganti piring yang terbuat dari daun pisang yang disematkan dengan mengunakan lidi. makanan ini terkenal banget di jawa timur.
Kalo didaerah aku di Jombang nasi pincuk nya bukan pecel tapi sayur lodeh tapi kalo daerah madiun kertosono dan kediri nasi pincuk nya pecel. DiKertosono terkenal dengan nasi pecel pincuknya 
pak Djan buka disore hari rasanya mantap dan biasanya selalu ngantri karena tempat duduk selalu full.

Kebetulan ada daun pisang sayuran juga ada serundeng sisa bikin ketan serundeng masih ada jadi pingin bikin pecel pincuk buat maksi ( makan siang ) hari ini.




Monday, June 25, 2012

Kepiting telur asin


Tiba tiba pingin banget kepiting saus telur asin. Sehabis anterin anak anak sekolah hunting crab dimulai biasanya kalo 
masih pagi beli yang fresh dicornies.......masih pada hidup karena baru ditangkap dan langsung dijual dan rasanya juga lebih enak daripada beli di supermarket.
lumayan juga harganya lebih murah. Biasanya sama penjualnya dipisah pisah crab yang laki laki ama yang perempuan 
yang perempuan lebih mahal karena ada telurnya.
aku lebih suka yang perempuan lebih gurih......





Saturday, June 23, 2012

Es selendang mayang

Siapa yang tahu dengan es selendang mayang yang berasal dari betawi es ini udah jarang terdengar. Aku sih bukan orang betawi ini juga baru pertama kali ngerasain itupun bikin sendiri 
kalo rasa aslinya aku belum pernah ngerasain 
Tapi soal bentuknya sih hampir sama yang unik dari abang abang penjual es selendang ada pada pemotongan si selendang mayang yaitu mengunakan kayu yang menyerupai pisau.



es selendang mayang

Bahan:
Selendang mayang:
100 gram tepung sagu aren. 
25 gram tepung beras.
2 lembar daun pandan, simpulkan.
½ sendok teh garam.
125 gram gula pasir.
¼ sendok teh pewarna kue warna merah.
750 cc air.


Kuah santan:
750 cc santan dari 1 butir kelapa parut.
½ sendok teh garam.
½ sendok teh gula pasir.
3 lembar daun pandan, sobek-sobek. 

Air gula:
300 gram gula merah, sisir halus. 
¼ sendok teh garam.
300 cc air. 



Cara membuat:

Selendang mayang: campurkan 250 cc air bersama tepung sagu aren dan tepung beras, sisihkan.


Didihkan sisa air bersama daun pandan, garam dan gula pasir hingga larut. Angkat dan saring.


Jerang kembali campuran air dan daun pandan di atas api kecil, masukkan campuran tepung sagu aren, aduk cepat hingga tercampur rata, didihkan, angkat.


Tuang ke dalam loyang ukuran 22,5 cm x 29,5 cm x 3 cm, ratakan. Perciki dengan pewarna merah, ratakan dengan kuas hingga seluruh permukannya berwarna merah. Biarkan dingin dan agak mengeras.


Kuah santan: didihkan semua bahan kuan santan sambil diaduk-aduk.


Air gula: didihkan semua bahan air gula hingga kental.


Penyajian: Iris tipis-tipis selendang mayang, letakkan dalam gelas, siram kuah santan dan air gula. Tambahkan es batu, sajikan dingin.




Thursday, June 21, 2012

Mie pangsit hijau

Weekend saatnya jalan jalan yiiipee... hilangkan kepenatan rutinitas sehari hari jalan jalan sekeluarga dan kebetulan ada grandopening restourant baru yang meyajikan beberapa mie ayam 
yang mienya hand made dan colorful dengan menu andalan mie ayam rainbow..........
karena baru buka ada ada discount nya lagi ...wiiii ngantinya punjang yang penjaganya baru jadi belum pengalaman yang menampah semakin panjangnya antrian.
pada saat mau pesen apa yang diminta mie ayam rainbow ternyata habis ya udah ngantri panjang habis lagi akhirnya untuk ngobatin rasa kecewa beli aja yang ada ........
Sampai rumah langsung buka buku primbon kayaknya punya deh resep bikin mie ayam hijau dari mba hesti kalo ndak salah 
dan akhirnya ketemu dan bener resep dari mba hesti langsung deh dimulai bikin mienya......


mie pangsit hijau

Bahan:
mie sawi hijau
topping ayam jamur
pangsit goreng
minyak bawang putih 
kuah kaldu ayam
sawi 
bawang goreng
sambal

bahan mie sawi:
250 gr tepung terigu protein tinggi
1 sdm tepung sagu
1/2 sdm garam
1butir telor ayam
250 gr sawi hijau diblender bersama air ambil sarinya 50ml 
(tambahin kalo kurang)

Cara membuat:
Letakkan terigu dalam wadah masukkan garam tambahkan tepung sagu. Aduk hingga rata sisihkan.
Ambil sari sawi hijau. masukkan telor ayam, Aduk hingga rata
Tuang campuran sawi hijau sedikit demi sedikit kealam tepung terigu aduk hingga rata sisihkan.
Masukkan adonan dalam gilingan mie. giling terlebih dahulu dengan nomer besar berulang ulang sampai halus sesekali beri tepung sagu. Kecilkan nomer gilingan sampai sesuai dengan ketebalan yang diinginkan.
Cetak mie hijau dengan cetakan sesuai selera bisa berbentuk bulat atau pipih adonan mie siap digunakan.


Topping ayam jamur
Bahan:
250 daging ayam cincang kasar
1 batang daun bawang
5 siung bawang putih
1/2 sdt merica bubuk
1/4 sdt pala bubuk
3 sdm kecap manis
1 sdm kecap asin
1 sdm saus tiram
1 sdm minyak wijen
1 sdt gula pasir
garam secukupnya

Cara membuat:
Tumis bawang putih sampai harum masukkan ayam cincang aduk aduk tambahkan bawang daun garam, merica, pala, kecap manis, saos tiram, kecap asin, dan gula pasir, aduk rata tambahkan air sedikit sedikit aduk rata.
Tambahkan minyak wijen masak hingga kuah menyusut dan kentalkan siap digunakan.



Kuah kaldu ( masak semua bahan )
tulang ayam
600ml air
2 ruas jahe geprek
garam secukupnya
1 buah kaldu blok

Minyak bawang putih
bahan:
7 siung bawang putih geprek
kulit ayam
jahe geprek

Cara membuat:
tumis bawang putih dan jahe dengan sedikit minyak goreng setelah wangi masukkan kulit ayam tumis sampai minyak ayam tersebut keluar matikan api
Saring dinginkan simpan dalam wadah.


Pangsit goreng
bahan:
200 gr tepung terigu protein sedang
100-130 ml air hangat
1/2 sdt garam
10 gr mentega lelehkan
1 1/2 sdm minyak goreng panas

Cara membuat:
taruh terigu dan garam dalam wadah aduk rata
Tambahkan minyak goreng panas sedikit sedikit sambil diaduk aduk  tambahkan margarine leleh. aduk rata terkhir masukkan air hangat sedikit sedikit sambil terus diaduk mengunakan tangan tidak perlu sampai kalis cukup sampai rata saja.
Giling dengan gilingan mie sambil ditaburin dengan tepung  agar tidak lengket giling sampai ketebalan yang diinginkan.
Potong potong bentuk persegi 
Goreng dalam minyak banyak dengan panas sedang agar tidak cepat gosong.


Cara penyajian
Rebus 1 liter air hingga mendidih masukkan mie hiijau masak hingga matang dan taruh dalam mangkok yang sudah diberi minyak bawang putih, minyak wijen, garam dan merica.
Tambah kan sawi yang direbus sebentar. dan topping ayam jamur taburi dengan bawang goreng, dan pangsit goreng.
Sajikan dengan kuah kaldu sambal dan jeruk nipis...

Happy cooking





Wednesday, June 20, 2012

Kue Lapis beras Rainbow


Salsa pulang sekolah bawa selembar kertas yng isinya bahwa besok ada acara traditional day jadi harus pake baju tradisional sesuai dengan negara masing masing dan membawa traditional food.
Mikir bikin apaya yang gampang pilihan jatuh pada bolu kukus
ternyata bolu kukus gagal total tidak mau tersenyum sedikitpun akhirnya mikir lagi jam semakin berputar hari udah mulai
malam besok sudah harus dibawa. pas buka FB ada
lapis beras punya mba renny. 
dan bikin ini aja lah resepnya juga ada maka copy
resep mba renny dan hasilnya alhamdulillah berhasil salsa juga seneng karena warnanya yang colorfull.



kue Lapis beras rainbow

bahan:
Siapkan loyang ukuran 17x18x6 cm , olesi tipis dengan minyak goreng lalu lapisi plastik pada dasar dan sisi sisi loyang , sisihkan .

1500 ml liter santan sedang
250 gr gula pasir 
5 lbr daun jeruk & 3 lbr daun pandan
1/2 sdt garam halus
300 gr tepung beras
100 gr tepung tapioka
Pewarna makanan (kuning , hijau , biru , ungu ) 


Cara membuat:

 Masak santan , gula pasir , garam beserta daun jeruk dan daun pandan , aduk2 hingga mendidih , Dinginkan .


 Siapkan wadah besar , campur tepung beras & tapioka , tuang santan sedikit2 sambil diaduk rata. Bagi adonan dalam 6 wadah sama rata , beri 4 macam warna 

Panaskan kukusan , tuang pd dasar loyang warna ungu , kukus 7 menit , lalu tuang warna hijau , kukus 3 menit . Lalu lanjutkan dengan warna seterusnya selang seling . Lakukan hingga adonan habis . Terakhir kukus selama 25 hingga matang .

 Keluarkan loyang dr dlm kukusan , biar kan sesaat , lalu balik loyang , keluarkan perlahan kue dr loyang , dinginkan.

Potong2 kue lapis dengan pisau yg di lapisi plastik agar rapih potongan nya , sajikan .



Happy cooking

Sate klopo ( Sate kelapa )

Indonesian food blogger kali ini dipandu ama mba Tika Hapsari dari cemplang cemplung dengan thema Sate aku dari Jawa timur dikotaku banyak sekali macam sate ada sate ayam sate kambing dan sate klopo ......yang terakhir kayaknya unik nich
sate ini terkenal di kota surabaya pembuatnya dari madura. aku sih belum pernah mengunjugi tempatnya apalagi menyicipinya
browsing di goggle ada beberapa resep sate ini tapi kebanyakan satenya langsung dibakar tidak dimasak dulu...
Agak trauma sih kalo bikin sate dari daging sapi biasanya keras bila langsung dibakar.
Akhirnya aku modifikasi dagingnya aku masak dulu dengan bumbunya baru dibakar ternyata rasanya krispy diluar dan dalamnya empuk tidak keras anak anak juga bsa makan karena empuk tidak keras....






Bumbu sate klopo sebagian jangan dicampur dengan kelapa bisa dijadikan sebagai sambal beri cabe halus dan tumis kembali dan siap dipake ....




Onde onde nougat

Selamat pagi semua ....seperti bias rutinitas dimulai anak anak udah pada berangkat sekolah si ayah masuk pagi jadi dirumah hanya ditemani ama sikecil jagoan aku akhtar. sebelum memulai didapur kantor kesayangan aku buka dulu sejenak Facebook. maklum pengemar tetap..hehehehe.......
pas buka langsung ada postingan dari mba fatmah NCC tentang onde onde yang isi sih unik yaitu berisi kacang tanah kelihatannya unik dan wajib dicoba nich dan hasilnya ternyata wenak loh bener.


bentuknya bulet banget aku sekali nyoba dan langsung berhasil.selama ini aku bikin selalu gagal setiap diangkat dari pengorengan selalu kempes ato pecah kalo ini ndak kalo mau
nyoba resep dari mba fatmah ini ya resepnya....

Onde onde nougat
resep: Fatmah NCC

bahan kulit:
500gr tepung beras ketan
75 gr tepung beras
250 gr gula pasir
1/2 sdt vanila bubuk
1 sdt garam
400 ml air
200 gr wijen putih
minyak untuk mengoreng 

Bahan isi:
175 gr kacang tanah matang haluskan
60 gr mentega
80 gr gula halus



Cara membuat:

cara membuat isi nougat: Aduk semua bahan jadi satu sampai rata dan bulatkan, masing masing bulatan kira kira 10 gr

Cara membuat kulit: Campur semua bahan tepung beras ketan, tepung beras, gula pasir, garam, dan vanila bubuk aduk sampai rata.

Panaskan air sampai panas tapi jangan sampai mendidih angkat.

Tuang air panas dalam adonan tepung sedikit demi sedikit sampai adonan tepung bisa di pulung.

bulat bulat adonan tiap bulatan 30 gr

lalu pipihkan ditangan dan bentuk cekungan beri isi nougat dan tutup rapat dan bulatkan kembali sehingga membentuk bola bola.

Celupkan dalam air dingin dan gulikan dalam wijen dan kepal kepal supaya wijen menempel dan membentuk bulat.

Panaskan minyak goreng lalu kecilkan apinya goreng onde onde hingga mengapung dan berwarna coklat kekuningan 

angkat dan  sajikan...


Happy cooking........

Wednesday, June 13, 2012

fresh spiring roll

Udah lama pingin banget ama lumpia satu ini karena diqatar jarang ato susah banget nyari kulit nya.pas kemarin jalan jalan disalah satu mall disini nemulah rice paper seneng nya bukan main

lumpia ini isiannya dari sayuran yang fresh dan maemnya dicocol dalam dipping sause yang terdiri dari fish sauce plum sauce air jeruk ama sedikit air hangat kalo mau pedes beri cabe rawit

yang dipotong kecil kecil....ehmmm enak banget rasanya seger pisan



bahan;
6 lembar rice paper
daun selada 
daun bawang
wortel potong memanjang
paprika merah, kuning potong memanjang
touge
daun ketumbar
chicken nugget bisa juga pake udang
air hangat untuk berendam rice paper

CAra membuat:
rendam rice paper dalam air hangat sambil digoyang goyang pelan pelan supaya tidak robek.
Secepat mungkin digunakan masukan semua sayuran lalu gulung
seperti mengulung lumpia sisihkan



Bahan dipping sauce
1/2 sdt plum sauce
1sdt fish sauce sedikit air jeruk 
2sdt air hangat
cabe rawit potong kecil kecil
beberapa daun ketumbar
cara membuat: campur semua bahan aduk sampai rata dan siap digunakan 
sajikan bersamaan denga spring roll dan dipping sauce



happy cooking....

Friday, June 8, 2012

JEMBLEM aka MISRO


jemblem aka misro

BAHAN:
500 gr singkong parut (aku pake yang frozen yg siap pake)
200gr kelapa parut 
1/2 sdt garam 
50 gr keju cheddar parut
minyak untuk mengoreng
gula merah disisir (aku pake gula aren)


aku pake nya gula aren jadi dalemnya tidak berwarna kecoklatan tapi rasanya tetep mantap kok hihihihih...
cara membuat:
bila pake singkong parut yang fresh peras air nya dulu sebelum dipake lalu campur semua bahan lalu ambil sedikit adonan pipihkan beri isian gula merah lalu tutup dan bentuk bulat panjang
lalukan sampai habis dan goreng dengan minyak yang sudah dipanaskan terlebih dahulu dengan api sedang dan goreng sampai berwarna kuning keemasan atau sampai matang 
sajikan selagi hangat

happy cooking

es dawet ayu aka cendol


es dawet ayu kalo di jombang orang menyebutnya es dawet bentuk dan bahannya sama persis ama cendol beda tempat aja hinnga nama nya ber beda kali ini aku bikin sedikit aku encerin hingga 
bentuknya kecil kecil tidak panjang panjang
karena aku suka yang kecil kecil bulet bulet hehehehe....
ada beberapa resep digoggle beredar tentang cendol aka dawet ayu tapi aku 
udah terlanjur cinta ama resep dari my mother couse udah terbukti
keberhasilannya ...

bahan:
50 gr tepung hunkwe
40 gr tepung beras
10 gr tapioka
1/2 sdt garam
3 sdm gula
 625 gr air pandan (blender dengan 100 gr daun pandan + air sebanyak 650 air)
"aku tambahin 75cc"
100 gr nangka potong kecil kecil

bangkok besar berisi es batu
cetakan cendol

bahan santan
1000ml santan cair instant
1/4 sdt garam
2 lembar daun pandan

bahan syrup gula merah
250 gr gula merah ato gula aren
250 cc air 
2 lembar daun pandan


Cara membuat:
1. cara membuat dawet : campur semua bahan dawet dengan sebagian air pandan ditempat lain rebue juga sebagian air pandan bila sudah mendidih masukkan adonan dawet kedalam air pandan yang sudah mendidih sambil diaduk aduk terus sampai mengental. bila warna sudah tranfaran bearti dawet udah mulai matang terus diaduk supaya tidak gosong bagian bawahnya
bila sudah matang cetak dengan cetakan cendol dan biarkan adonan jatuh kedalam mangkok yang berisi dengan es batu.
dan diamkan selama 30 menit dan dawet siap digunakan

2. Cara membuat santan: rebus santan, garam, dan daun pandan aduk aduk sampai mendidih dan angkat dengan segera supaya santan tidak pecah.

3.Cara membuat syrup gula merah: Rebus air, gula merah dan daun pandan sampai mendidih dan saring.

cara penyajian: masukan dalam gelas syrup gula merah, lalu dawet, selanjutnya santan kentat es batu dan terakhir potongan nangka....

Monday, June 4, 2012

puding cendol

Doha very hot today 50 derajat celcius huuuhhh panas banget pinginnya pul kam tapi taun ini insyaallah ndak pulang jadi pertahan dengan panasnya doha ....
kemarin bikin cendol ehm lumayan banyak jadi dimanfaatin dibuat puding jadi bisa buat 
bekal sekolah anak anak pas jjuga kan pas summer biar seger dan anak anak suka juga
bahannya sama persis ama es cendol cuma ditambahin agar agar aja.


PUDING CENDOL

Bahan-bahan:
Lapisan Bawah
500ml air
180gm gula pasir
300ml santan
1 bungkus agar - agar powder
500gm cendol
sedikit garam

Lapisan Atas
700ml air
200gm gula merah
1 bungkus agar - agar powder
1 biji kuning telur
sedikit garam
1 lembar daun pandan



Cara membuat Lapisan Bawah:
  Masakkan air, agar-agar powder dan gula sehingga mendidih. 

  Masukkan santan dan garam. Biarkan mendidih aduk sampai rata angkat

Masukkan cendol. aduk sampai rata. Tuangkan kedalam loyang

Tips : Basahkan dengan sedikit air lyang yang akan dipakai supaya mudah pada saat melepas pudingnya. 
cara membuat Lapisan Atas 
 Masak gula merah dengan sedikit air sehingga gula hancur. lalu saring air gula.

  Masukkan air gula  air dan agar-agar powder. Masak sehingga mendidih.

Kocoh kuning telur ambil 2 sdm adonan gula merah aduk hingga rata lalu masukkan dalam adonan gula merah aduk rata angkat.

- Tips : Sebelum dituang adunan atas, pastikan adunan bawah sudah keras dan tusuk dengan garpu di bagian tengah adonan bawah.

- Tips 2 : Tuang adunan lapisan atas perlahan-lahan. Sebaik-baiknya tuang adonan dengan dengan menggunakan sendok supaya adonan jatuh dengan perlahan. 

Saturday, June 2, 2012

Pisang goreng manado


Beli pisang dari kemarin binggung mau diapain dan mumpung hari libur buat cemilan krucil dan si ayah akhirnya terpaksa harus digoreng lagi ndak ada ide mau diapain tapi kali ini 
pisang gorengnya dengan gaya pisang goreng manado yang  makannya dicocol dengan
sambal sebenernya sih pake sambal roa berubung ndak punya jadi 
pake sambal biasa aja kurang nendang sih sebenarnya rasanya tapi ndak pa pa buat variasi aja biar ndak bosen.


Kali ini aku coba pake tepung tempura yang tawar dan serbaguna kalo mau asin bisa tambahin garam kalo mau manis tinggal tambahin gula. tepung ini diimport dari jepan.
tepung ini kalo buat goreng apapun crispy banget.
pisang goreng 

Bahan:
pisang tanduk matang kalo besar potong jadi 2 lalu bela bela menyerupai kipas
200 gr tepung tempura tawar
1/4 sdt garam
3-4sdm gula pasir
1 sdm keju permesan 
air secukupnya
minyak untuk mengoreng
Cara membuat:
campur semua bahan tepung, garam, gula dan keju beri air sedikit demi sedikit jangan terlalu encer dan jangan terlalu kental aduk sampai rata

Celupkan pisang ke dalam adonan tepung, Goreng dalam minyak yang banyak dan panas hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan. 
 Sajikan dengan Sambal.

Friday, June 1, 2012

Buntil daun talas


Buntil sebenarnya sih seperti bothok yang dibungkus dengan daun talas daun singkong muda atau daun pepaya, yang diberi kuah bersantan dan berasa pedas sedangkan isinya sama 
seperti bothok yaitu kelapa setengah tua parut yang diberi bumbu dan teri nasi petai cina.
Kalo orang jawa pasti tau yang namanya buntil.
Didaerah aku udah langkah banget jarang orang menjualnya paling juga nunggu pas bulan ramadhan 
ada yang jualan keliling tapi biasanya dari daun pepaya agak pahit pahi dikit sih.


Buntil daun talas

Bahan:
10 -12 daun talas
100 gr kelapa 1/2 tua diparut memanjang
50 gr teri nasi
petai cina 
10-12 cabe rawit bila kurang pedas bisa ditambahin

Bumbu halus untuk isi:
7 bawang merah 
3 siung bawang putih
cabe merah besar buang bijinya 
1-2cm kencur 
1 cm jahe
1cm lengkuas digeprek
1/4 sendok teh biji ketumbar 
1/4 sendok teh jintan
1 sendok teh garam

Bumbu untuk saus:
4 cabe merah besar
10biji cabe rawit
6 bawang merah
3 bawang merah 
3-cm kencur 
2 daun jeruk
1 salam
3 kemiri
200 ml santan
minyak utuk menumis


Cara membuat:
Cuci bersih daun talas hati hati jangan sampai robek lalu rebus dalam air mendidih sebentar aja asal layu 
angkat dan tiris kan sampai kering 

Haluskan bumbu untuk isi lalu campur dengan kelapa parut, teri nasi, petai cina garam gula 
aduk sampai rata 

masukakan dalam satu lembar daun talas dan beri 1sendok makan adonan isi lipat dari sisi kanan kiri dan gulung pelan pelan biar tidak robek ikat dengan benang khusus buat masak

lalu kukus buntil selama 30 menit atau sampai matang

Cara membuat kuah buntil: haluskan bawang merah, bawang putih, cabe besar, cabe rawit, kencur, kemiri
lalu tumis sampai harum masukkan daun salam dan daun jeruk tumis sampai harum
setelah benar benar harum masukkan santan  dan  cabe rawit utuh didihkan sampai bumbu meresap dan siap di gunakan

cara penyajian taro beberapa biji buntil dan siram dengan saus santan jangan lupa beri
beberapa cabe rawit sajikan selagi hangat

happy cooking