Wednesday, March 21, 2012

lupis ketan


Doha masih diselimutin mendung cuaca masing sejuk banget sampai hari ini angin udah mulai sepoi sepoi 
tidak seperti dua hari yang lalu doha terkena badai pasir (sandstrom)
sore yang cerah bikin cemilan seperti kalo pas pulang kampung. 
Sore hari habis hujan redah didepan teras sambil makan lupisnya cak man dan segelas teh
hangat. akhirnya buka primbon bikin deh lupis ketan walau rasanya tak senikmat
bikinan cak man paling tidak bisa ngobatin rasa kangen kampung halaman
Bikinnya sih lama banget tapi setelah jadi ningmatnya bisa ngobatin segalanya hehehe.
Rasa ketan yang gurih kelapa parut ditambah kinca yang manis 
perpaduan yang mantap...

Bahan:
1 kg beras ketan putih rendam 2 jam
1 sdm air kapur sirih ( 2 sdm kapur sirih + 100 ml air, biarkan mengendap ambil airnya )
1 sdt garam
daun pisang
lidi untuk semat

1/2 sdt kelapa agak muda parut memanjang ( tati pake kelapa parut kering  )
1/4 sdt garam

Bahan kinca:
300 gr gula merah
3 sdm gula pasir
1 lembar daun pandan
125 ml air
Cara Membuat:
Tiriskan beras ketan percikin dengan air kapur, aduk rata. Ambil daun pisang rangkap 2, Bentuk silinder diameter 4cm, sematkan salah satu ujung. Isi 2/3 bagian dengan ketan, semat ujung lainnya. Rebus dengan air banyak jaga agar ketan selalu terendam bila air habis tambahin dengan air panas.
Masak selama 2-3jam atau sampai matang. tiriskan dan biar kan dingin.

Campur kelapa parut dan garam, bungkus dengan dau pisang kukus selama 10 menit biar tidak cepat basi sisihkan.

Rebus gula merah, gula pasir dan daun pandan dengan air hingga kental, saring.

hidangkan lupis ketan dengan taburan kelapa dan disiram dengan kinca 

TIP:
Pastikan pada saat membungkus permukaan daun bersinggungan dengan ketan supaya permukaan lupis berwarna kehijauan

Monday, March 19, 2012

sambal kemiri....(-Indonesian Candlenuts Sambal-)

Habanero 

Cabai Gendol atau Cabai Gendot (Capsicum chinense) adalah salah satu spesies cabai dari Capsicum. Cabai ini berasal dari semenanjung Yucatan. Cabai ini sangat pedas bahkan melebihi pedas cabai rawit. Tingkat kepedasan cabai habareno mencapai 100.000-350.000 skala Scoville. Di Indonesia Cabai jenis ini di jawa barat dinamakan Cabai Gendot atau Cabai Bendot sedang di jawa tengah dinamakan Cabai Gendol. Dinamakan cabai gendol karena bentuk cabai ini yang bengkak atau mengembung. Untuk penanaman di Pulau Jawa sendiri persebaran cabai ini sebatas perkebunan di sekitar bandung dan di sekitar dieng Jawa Tengah.

Penghasil cabai gendol yang terbesar di dunia adalah Meksiko, yang tumbuh di Yucatan, Campeche, dan Quintana Roo, meskipun ada perkebunan komersial di Belize,Kosta Rika, Texas dan California


Cabe ini super pedas aku mencobanya hanya beberapa biji aja dan rasanya woww kalo di film tom and jerry passti udah keluar apinya hahhaha...
bener banget buat yang ndak doyan pedas jangan pernah mencobanya tapi buat penikmat sambal cabe satu ini wajib untuk dicoba...

sambal Kemiri
saurce: mba' pepy

bahan:
4  habanero merah # bisa pake cabe rawit
1 paprika merah # bisa pake cabe merah besar
5 kemiri
4 siung bawang putih
 minyak kelapa atau minyak zaitun
garam

metode:
1. panggang cabe merah besar dan habenero dengan minyak zaitun untuk mendapatkan rasa yang nendang 

2. Proses panggang paprika merah dan habaneros, bawang putih, kemiri dan garam dalam food processor atau menggunakan  cobek sampai halus.

3. Panaskan 2-3 sdm minyak kelapa atau minyak zaitun dalam wajan, tambahkan campuran sambal dan tumis sampai harum. Tambahkan sedikit kaldu daging sapi bila suka . Aduk sampai rata dan angkat.

Cook Catatan:
Bagi yang tinggal di Indonesia, Anda dapat menggantikan habaneros dan lada merah dengan cabai merah biasa Keriting (cabe rawit).
Kira-kira, Anda akan membutuhkan sekitar 100-150 gram  cabai dan 4 paprika merah untuk resep yang sama seperti di atas. 

Sunday, March 18, 2012

kembang goyang

Kembang goyang adalah salah satu cemilan jadul kalo dikampung aku haru nunngu lebaran dulu baru bisa makan ini kue itupun hanya disalah satu kerabat yang lumayan jauh rumahnya
Selama tinggal diqatar segala macem massakan khas indonesia harus dan terpaksa bikin sendiri
bila ingin memakannya dan ternyata cetakkan kembang goyang dijual
juga disalah satu supermarket disini made in india bentuknya juga lucu tidak selalu bulet
kayak yang ada diindonesi.
pertama kali nyoba itu adonan lengket dicetakan tidak mau lepas dicoba lagi tetep sama tidak mau lepas juga akhirnya pasrah deh itu adonan terpaksa dibikin kayak bikin rempeyek :(
setelah lihat postingnya mba yulyan dan ada tipnya juga yaitu jangan masukin adonan full cetakan jadi masukin adonan hanya sampai 3/4 cetakan saja dan akhirnya berhasil.....


Kembang goyang
resep diambil dari mba yulyan

Yipeeee akhirmya berhasil... thank mba yulyan...buat resepnya pas banget ndak ketipisan ato ketebelan
anak anak suka banget bikin satu resep ndak cukup jadinya bikin 2 resep.


Wednesday, March 14, 2012

daigaku imo ( japanes candied sweet potatos )


Aduh lagi rame nich cemilan yang atuh ini pertama lihat di blognya mb dita sih terasa aneh apa lagi lihat judulnya asing banget. makin kesini ternyata udah pada nyobain akhirnya nyobain juga deh dan ternyata rasanya asyik banget. Buat para pecinta ubi ini adalah salah satu variasinya biar beda ndak itu  lagi itu lagi dijamin anak anak suka loh karena rasa caramelnya dipadu dengan wijen ehmmmm... kalo mau coba ini resepnya ya ....

Daigaku imo ( japanes candied sweet potatos )
saurce: yummy corner

bahan:
2biji ubi ukuran sedang 
minyak sayur untuk mengoreng

1/3 cup gula ( tati : pake brown sugar)
1 sdt soy sauce
2 sdm air
1-2 sdt wijen

cara membuat:
1. Cuci bersih ubi dan potong potong jangan terlalu tebal dan terlalu tipis goreng dengan minyak panas. goreng sampai matang atau samapai mendekati kering.

2. di tempat lain masukkan semua bahan saus dan rebus sampai saus meletupletup masukkan wijen 
dan aduk sampai rata angkat.

3. Siram saus dalam ubi goreng aduk sampai rata. sajikan.

Tuesday, March 13, 2012

beef bulalo

Beef bulalo adalah masakan dari filipino yang suka ama masakan filipino pasti ndak asing lagi dengan masakan yang satu ini bikinnya mudah banget ....

Ingredients

2-3 Lbs Beef shanks (about two medium pieces)
1 Tbs. Whole black peppercorns
2 Tbs. Patis (fish sauce)
1 large onion
3 Medium potatoes (halves)
2-3 Corn on the cob (halves)
12 cups water
Calamansi for dipping sauce


how to make:

Rinse beef shanks before cooking. Bring water to a boil and then add beef shanks. Bring water back to a boil and then skim off any scum that rises while the water starts to boil.

After skimming off the scum, you can go ahead and add the onions, peppercorns, and patis (fish sauce).

Let it cook for ten minutes, then add the corn, and bring it back to a boil. At this time, it should cook for twenty minutes.

After 20 minutes, you can go ahead and add the potatoes and let it cook for ten minutes. Then go ahead and add the bokchoy. Cook the bokchoy for 2 minutes and remove the pot from the heat. That is it, you’re done! Serve Bulalo with Patis and Calamansi mixture for dipping sauce.

Monday, March 12, 2012

nut cinnamon roll



Cinamon roll salah satu makanan kesukaan aku setiap jalan jalan disalah satu mall terbesar di qatar ada counter yang menjual dan selalu beli disini banyak sekali pilihan frosting nya
coba browsing sana sini akhirnya mampir di blognya mba hesti resepnya 
pas banget disini aku modifikasi sedikit kismis nya aku ganti dengan 
kacang tanah dan gula palem aku ganti dengan brown sugar
Dan raginya tidak aku campur langsung dalam adonan tepung tapi
aku campur tersendiri dengan air hangat supaya rotinya tidak berbau ragi.
Cinnamon roll paling pas disajikan disaat hangat dan ditemanni dengan secangkir 
teh hangat atau hot coklat.
dalam resep ini aku coba kurangi cinnamonnya biar tidak terlalu cinnamon banget
karena anak aku ndak suka ternyata setelah dicoba dikurangi pas banget 
dengan selera anak anak aku.



Friday, March 9, 2012

proll tape surabaya

Ini kali pertama ikutan Tantangan resep mbak R. Pertama lihatt resepnya ada tape nya hahaha...judulnya aja udah ketahuan kalo ada tape nya ndak ada stock tape secara tinggal dirantau jadi jarang ada tape
kalo mau ya bikin sendiri kebetulan ada singkong sisa bikin singkong keju
jadi banyak pelajaran di tantangan ini selain belajar baking belajar juga
deh bikin tape......

BAHAN:
150-175 gr Tape, buang seratnya, haluskan
1 sachet susu kental manis (sekitar 45gr )

4 butir telur utuh
75gr Gula Pasir

75 gr Tepung Terigu
10 gr Tepung Maizena
15 gr Susu Bubuk

75 gr Butter - aku pakai Meadowlea less salt (bs diganti margarin)
25 gr Minyak Zaitun (kalau tidak ada bisa diganti minyak sayur)

BAHAN TABURAN:
Keju Cheddar, parut
Kismis


Cara Membuat :
------------------
1. Haluskan tape dengan menggunakan sendok, beri susu kental manis, campur merata, halus, teksturnya kental tapi tidak padat.
2. Kocok telur dan gula pasir hingga kental mengembang, berjejak. Setelah litu masukkan tape secara bertahap. Bagi menjadi 2 bagian, masukkan bagian pertama, aduk dgn mixer kecepatan rendah, pelan aduk merata, masukkan bagian kedua, mixer pelan merata (jangan terlalu lama mengaduknya, sebentar saja asal merata). Matikan mixer. 
3. Masukkan bahan kering(tepung terigu, susubbk, maizena), secara bertahap juga, sambil diaduk merata (ingat jangan terlalu lama jg agar adonan tidak turun banyak).

4. Lelehkan butter dan minyak zaitun, tuang dlm adonan cake, aduk rata. 
5. Beri toping kismis dan keju cheddar. 
6. Tuang di loyang ukuran 18X18X6/7cm (seperti biasa, alasi dulu loyang dengan kertas roti , poles mentega tipis/memakai kertas anti lengket), panggang dgn suhu 165 derajat celicus selama kurang lebih 25 menit atau hingga matang.






NOTE : seandainya ditempat tinggal tidak ada tape, tp penasaran ingin mencoba teknik pembuatannya, silahkan saja berimprovisasi mengganti bahan tape dengan bahan lainnya. Asalkan tidak merubah komposisi bahan lain dan cara pembuatannya ya. 
Santai saja, yang penting, kita belajar membuat kue tanpa obat2an.

Monday, March 5, 2012

botok udang tahu tempe petai cina


Lamtoro, petai cina, atau petai selong adalah sejenis perdu dari suku Fabaceae (Leguminosae, polong-polongan), yang kerap digunakan dalam penghijauan lahan atau pencegahan erosi. Berasal dari Amerika tropis, tumbuhan ini sudah ratusan tahun dimasukkan ke Jawa untuk kepentingan pertanian dan kehutanan, dan kemudian menyebar pula ke pulau-pulau yang lain di Indonesia. Oleh sebab itu agaknya, maka tanaman ini di Malaysia dinamai petai jawa.


Tumbuhan ini dikenal pula dengan aneka sebutan yang lain seperti pĕlĕnding, peuteuy sélong; kemlandingan, mètir, lamtoro dan lamtoro gung(=lamtoro besar; untuk varietas yang bertubuh lebih besar); serta kalandhingan . Nama-namanya dalam pelbagai bahasa asing, di antaranya:petai belalang, petai jawa ; lamandro ; ipil-ipil, elena, kariskis ; krathin ; leucaena, white leadtree; dan leucaene, faux mimosa. Nama spesiesnya, leucocephala ('berkepala putih') mengacu kepada bongkol-bongkol bunganya yang berwarna keputihan.
Buat setoran bulan maret di indonesian Food Party. mba Bonita ini setoran aku Botok udang tahu tempe petai cina.

Bahan:
1 btr kelapa muda, parut memanjang 
500 gr udang sedang, kupas  
tahu potong kotak kotak kecil
tempenpotongkotak kotak kecil
25 tangkai petai cina sesuai selera
3 btr telur 
3 buah cabai merah, iris serong tipis 
2 buah cabai hijau, iris serong tipis 
4 siung bawang putih, iris halus 
8 siung bawang merah, iris halus 
3 lbr daun salam, sobek kecil-kecil 
1/2 sdm garam 
daun kemangi 
daun pisang, bersihkan 

Bumbu halus: 
4 buah cabai merah, buang bijinya 
2 siung bawang putih 
6 buah bawang merah 
3 cm kencur, kupas 
3 cm kunyit, kupas 

Cara membuat : 
1. Aduk kelapa muda, udang, tahu, tempe, petai cina telur, cabai, bawang putih, bawang merah, garam, dan bumbu halus, aduk hingga rata. 
2. Ambil dua lembar daun pisang, letakkan adonan kelapa, tambahkan daun salam, daun kemangi, bungkus dan semat. 
3. Panaskan dandang, masukkan bungkusan udang, kukus selama 40 menit. Angkat. 
4. Sajikan.

Saturday, March 3, 2012

Tempe penyet

TEMPE
Tempe adalah makanan hasil fermentasi antara kedelai dengan jamur Rhizopus Oligosporus. Sepotong tempe mengandung berbagai unsur bermanfaat, seperti karbohidrat, lemak, protein, serat, vitamin, enzim, daidzein, genisten, serta komponen antibakteri bermanfaat untuk kesehatan. Rasanya yang lezat, harganya murah dan mudah didapat.

Tempe sangat baik untuk diberikan kepada segala kelompok umur (dari bayi hingga lansia) oleh karena itu tempe adalah makanan untuk semua umur. Tempe sering dijumpai di rumah maupun di warung-warung, sebagai lauk dan pelengkap hidangan ternyata tempe memiliki kandungan dan nilai cerna yang lebih baik dibandingkan dengan kedelai.

Manfaat dari tempe adalah sebagai berikut:
1. Tinggi serat
Satu sajian tempe mengandung serat yang sangat tinggi. Serat ini dibutuhkan untuk kesehatan saluran pencernaan sekaligus mencegah aneka penyakit kronis di masa depan.

2. Mudah dicerna
Tempe adalah pilihan makan yang baik untuk orang yang punya kesulitan mencerna makanan berprotein tinggi yang berasal dari tumbuhan seperti kacang-kacangan. Proses fermentasi tempe membuat kacang kedelai dalam tempe menjadi lebih lembut karena enzim yang diproduksi ragi sebelumnya sudah mencerna nutrisi yang ada di biji kedelai. 
Jamur Rhizopus dalam tempe memproduksi enzim phytase yang mencerna phytates, sehingga meningkatkan penyerapan mineral seperti zinc, besi, dan kalsium. Proses fermentasi juga mengurangi oligosakarida yang membuat kacang kedelai susah dicerna. Penelitian membuktikan, tempe tidak menyebabkan kembung.

3. Bagus untuk pola makan rendah garam 
Tidak seperti makanan produk kedelai yang difermentasi seperti miso yang cenderung sangat asin, tempe sangat rendah garam, sehingga aman dikonsumsi orang yang harus mengurangi garam.

4. Mengandung antibiotika alami 
Jamur Rhizopus memproduksi zat antibiotika alami untuk melawan sejumlah organisme merugikan. Zat antibiotika alami dalam tempe ini bisa jadi obat untuk disentri bila dikonsumsi setiap hari.

5. Bagus untuk diabetesi
Protein dalam tempe bagus untuk pasien diabetes yang sering bermasalah dengan sumber protein hewani. Protein dan serat dalam tempe juga dapat mencegah kenaikan gula darah dan menjaga kadar gula darah tetap terkontrol.
Ingredient:
250 gr tempe
5 biji cabe rawit (atau sesuai selera)
3 siung bawang putih
3 cm kencur
garam secukupnya

method:
goreng tempe sampai berubah warna angkat dan tiris kan, Haluskan bawang putih, cabe
rawit kencur dan garam setelah halus masukkan tempe goreng
penyet tempe tekan tekan biar bumbu sambal meresap
sajikan bersama an dengan daun kemangi dan nasi hangat.


Friday, March 2, 2012

bubur jagung manis


Manfaat Kesehatan dari Jagung

Apakah ada sesuatu yang lebih memuaskan di musim panas jagung bakar dari telinga jagung mentega panas rebus? Selain menjadi manis dan memuaskan, ada banyak manfaat kesehatan jagung.

Jagung Tinggi di Nutrisi

Salah satu manfaat jagung adalah bahwa hal itu bergizi tinggi. Beberapa nutrisi penting adalah:

Tiamin (vitamin B1) yang digunakan dalam metabolisme karbohidrat.
Pantothenic acid (vitamin B5) yang membantu dengan fungsi fisiologis.
Folat yang membantu generasi sel baru terutama penting sebelum dan selama kehamilan.
Vitamin C yang berjuang melawan penyakit.

Jagung merupakan sumber yang baik dari Serat

Satu cangkir jagung menyediakan 18,4% dari anjuran harian serat. Kandungan serat yang tinggiadalah salah satu manfaat terbesar dari jagung. Serat telah terbukti membantu menurunkan kadar kolesterol dan membantu mengurangi risiko kanker usus besar. Serat ini juga bergunadalam membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Menambahkan Jagung Lagi untuk Diet Anda

Bagaimana Anda mendapatkan manfaat dari jagung ketika itu tidak pertengahan musim panas dan jagung rebus tidak banyak? Anda masih bisa mendapatkan manfaat dari jagung dari jagung yang telah dibekukan saat masih segar.

Cobalah jagung sebagai lauk tumis dengan cabai hijau dan bawang. Tambahkan jagung beku untuk sup, cabe dan sup kental. Gunakan tortilla jagung bukan tortilla tepung. Penambahanjagung beberapa kali seminggu untuk diet Anda akan memiliki manfaat menyehatkan.
Sumber: Health living


Kali ini aku akan mencoba berkreasi dengan jagung aku akan membuat bubur jagung manis 
Untuk mengisi weekend apalagi anak anak paling suka dengan makanan satu ini
yang biasanya hanya dikukus setelah matang dicampur dengan salt, butter dan chess

ingredient:
1 cup sogoo seed (biji mutiara)
1/2 cup gula pasir
100 gr gula aren
450 gr jagung manis (aku pake jagung yg frozen)
1/2 sdt garam
1 lembar daun pandan
1000 ml air mineral
500 ml santan


method:
Rebus biji mutiara sampai matang sisihkan

Air, jagung, gula putih, gula aren, daun pandan campur jadi satu dan rebus sampai matang

kecil kan api dan masukkan biji mutiara aduk sampai rata

sambil diaduk masukkan santan sedikit demi sedikit

Terkhir masukkan garam aduk terus sampai mengental.

sajikan selagi hangat.